Barber Shop Gloria Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sarana kota » Barber Shop Gloria Bukittinggi » Barber Shop Gloria Bukittinggi

Barber Shop Gloria Bukittinggi

(896 Views) Oktober 10, 2017 3:17 pm | Published by | No comment



Mei 2017, saya melihat masih ada papan nama Barber Shop Gloria yang terletak di sebelah bioskop Gloria, tapi tidak ada aktivitas kegiatan gunting rambut lagi di dalam ruangannya. Dulu tempat gunting rambut laki-laki itu ramai. Kakak angkat saya selalu gunting rambut di sana, walau sudah pindah kerja ke Padang, tapi kalau gunting rambut, ia akan ke Bukittinggi (pada akhir pekan) gunting rambut di barbershop Gloria. Ia mengatakan sudah cocok dengan tukang gunting rambut yang bekerja di barber shop Gloria.

Barber shop Gloria sudah berdiri sejak tahun 80-an, salah satu barbershop yang cukup besar dan terkenal di banding barber shop lain. Barber shop di Bukittinggi tidak banyak. Ada beberapa barber shop dan hanya dikelola oleh 1-2 orang tukang gunting rambut, tapi barbershop Gloria bisa lebih dari 3 tukang gunting rambut, karena berjendela kaca, sehingga aktivitas gunting rambut terlihat dari luar. Kegiatan gunting rambut di barber shop ini berlangsung sampai malam hari, untuk anak-anak sampai dewasa.



Nama Gloria sama dengan nama Bioskop Gloria, letak barber shop ini di samping bioskop, satu gedung dengan bioskop, tapi pintu barbershop mengarah ke pasar atas (lapangan parkir). Barber shop ini terletak di pusat kota dan strategis. Sejak bioskop Gloria tidak memutar film lagi, pelanggan barber shop masih ada, tapi semakin berkurang. Apakah tidak ada penonton di bioskop Gloria mempengaruhi jumlah pelanggan? Mungkin, karena saya tidak menemukan barber shop baru di sekitar bioskop Gloria.

barber shop gloria bukittinggi

Sejak tahun 90-an, jumlah penonton bioskop semakin lama semakin berkurang, sehingga akhirnya ketiga bioskop di Bukittinggi (Sovya, Eri, dan Gloria) tidak memutar film lagi. Bioskop Eri sekali-kali masih memutar film India dan Indonesia. Gedung bioskop Sovya digunakan untuk acara perpisahan sekolah dan acara promosi produk, halamannya yang luas digunakan untuk parkir mobil dan bus. Bioskop Gloria dijadikan tempat parkir sepeda motor oleh pemerintah daerah Bukittinggi.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Barber Shop Gloria Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>