Banto Trade Center (BTC) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » fasilitas wisata » Banto Trade Center (BTC) » Banto Trade Center (BTC)

Banto Trade Center (BTC)

(2027 Views) Agustus 2, 2015 10:44 pm | Published by | No comment



Banto Trade Center terletak di Jl. Soekarno Hatta, tepatnya pertigaan Jl, Soekarno Hatta dan Jl, Perintis Kemerdekaan. Jika kita berdiri di atas janjang 40 dan melihat ke bawah, terlihat bangunan Banto Trade Center. Saya beberapa kali jalan pagi dan senang sekali berdiri di atas janjang 40 itu, pemandangan dari titik ini sangat bagus.

Banto Trade Center, Bukittinggi.

Dulu sebelum jadi Mal Banto Trade Center, lokasi itu merupakan terminal dan pasar biasa. Pasar dengan kios-kios kecil, disebut Pasar Banto. Saya masih ingat, toko Pertama, toko yang menjual makanan, (seperti kue kering, permen, dan kue basah). Toko itu dinamakan “Pertama”, karena terletak paling ujung, nomor satu, pertama. Banyak penjual barang dan jasa dijual di sana. Terminal di pasar Banto dipindahkan ke Aur Kuning, dan lokasi itu kemudian diubah menjadi Mal Banto Trade Center.

Mal Banto Trade Center selesai dibangun dan diresmikan tahun 2007. Di dalam bangunan empat lantai ini tersedia sebanyak 1000 kios, escalator, dan tempat parkir. Setiap pemilik kios di Pasar Banto mendapat jatah toko di Mal itu. Walaupun, memiliki toko di Mal Banto Trade Center, tapi penjual tidak berjualan di sana, karena sepi pengunjung. Salah seorang saudara saya penjahit. Ia mendapat jatah toko di Mal BTC, karena dulu punya kios di pasar Banto, tapi toko yang menjadi hak miliknya dibiarkan tutup. Ia memilih membuka kios jahitnya di pinggir jalan besar, karena lebih berpotensi mendapat langganan.




Saat ini,pada pagi hari, lapangan parkir dan basement Mal Banto Trade Center dijadikan tempat berjualan sayur mayur. Pada siang hari, ada beberapa toko yang buka, tapi banyak toko yang tutup. Pihak pengelola sudah melakukan banyak upaya, antara lain mendatangkan artis lokal dan nasional untuk menarik pembeli datang ke BTC dan memberikan promo gratis biaya sewa selama 1 tahun, bagi penjual. Tapi, tidak banyak pembeli dan penjual yang datang ke BTC. Untuk menarik penjual, pembeli, dan wisatawan ke BTC, Maret 2015, pemerintah Bukittinggi menjadikan BTC menjadi pusat penjualan batu akik, dengan nama “Batu Akiak Shop Center Sumatera Barat”, diharapkan demam batu akik yang berlangsung beberapa tahun terakhir akan mampu meningkatkan pengunjung di BTC.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Banto Trade Center (BTC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>