Bentuk Atap Arsitektur Rumah Lama di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » Bentuk Atap Arsitektur Rumah Lama di Bukittinggi

Bentuk Atap Arsitektur Rumah Lama di Bukittinggi

(1470 Views) November 8, 2014 9:19 pm | Published by | No comment



Bukittinggi tidak terlepas dari perkembangan kota, dan itu berarti perubahan tidak bisa dihindari, termasuk arsitektur rumah. Perubahan arsitektur rumah seiring dengan perubahan fungsi. Rumah menjadi hotel. Rumah lama yang direnovasi menjadi gaya arsitektur modern, tidak banyak.

Di Bukittinggi, rumah merupakan harta bersama, harta warisan. Sebagian rumah ditinggal pemiliknya merantau. Rumah hanya terisi penuh saat Lebaran. Jika, pemilik dan keluarganya ke Bukittinggi, untuk merayakan Lebaran.

Masih banyak rumah yang terbuat dari kayu, sebagian di antaranya sudah keropos, tapi masih tetap dihuni. Tinggal di rumah kayu itu akan terasa hangat pada saat malam dan adem saat siang.

Bentuk bangunan, menjelaskan dekade pembangunannya. Salah satu rumah dibangun tahun 1920-an (kira-kira) rumah kayu bercat hijau tua, yang sebagian kayunya sudah keropos. Rumah berlantai dua itu terletak di sudut jalan. Rumah ini, rencananya akan direnovasi, tapi batal, setelah mengajukan izin pembangunan ke pemerintah kota. Berdasarkan rencana kota, rumah harus dipotong (di bagian depan dan samping) untuk jalan. Rumah menjadi kecil.




Beberapa rumah yang dibangun sebelum masa kemerdekaan mempunyai rancangan bentuk atap yang sama. Ada dua bentuk atap yang sering digunakan : Jerkinhead roof (seperti atap pelana, tapi dibagian ujungnya patah) dan Hip and valley roof.

jenis atap rumah di Bukittinggi, Jerkinhead roof

Bentuk jendela dan bentuk rumah, sama antara rumah yang beratap jerkinhead roof atau hip and valley roof, yang berbeda ukuran rumah : besar dan sedang, tergantung luas tanah.

jerkinhead roof

 

 

 

 

hip and valley roof

jenis atap Hip and Valley roof.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bentuk Atap Arsitektur Rumah Lama di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>