6 Tangga/Janjang Menuju Pasar Atas Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » 6 janjang ke pasar atas » 6 Tangga/Janjang Menuju Pasar Atas Bukittinggi

6 Tangga/Janjang Menuju Pasar Atas Bukittinggi

(1831 Views) Januari 8, 2015 4:01 pm | Published by | No comment



Letak pasar atas, di bukit tertinggi di Bukittinggi, menyebabkan akses ke pasar atas harus dilakukan melalui jalan dan tangga. Ada beberapa tangga, orang Bukittinggi sebut janjang, menuju pasar atas, dari beberapa penjuru.

Janjang ampek puluah
Tangga yang menghubungkan pasar atas dan pasar bawah, terletak di sisi Utara. Jumlah anak tangga pertama, tanpa jeda sebanyak 40 anak tangga, setelah itu beberapa anak tangga lagi dengan bordes (tempat tistirahat). Jumlah anak tangga sampai sisi bawah sebanyak 100 anak tangga. Di sebelah kanan janjang ada mesjid Surau Baitul Jalil.

janjang 40 Bukittinggi
Janjang Gantuang
Tahun 1932, jembatan ini dibangun oleh Controleur W.J. Cator (1931-1932). Tangga yang menerus ke Jembatan penyeberangan dan dilanjutkan dengan beberapa tangga lagi. Tangga ini melewati los dagiang, saat ini masih digunakan.

Janjang Minang dan janjang kampuang cino (sekarang janjang pesanggrahan)
Janjang Minang dan janjang pesangrahan terletak di kawasan kampung cina. Janjang minang, mudah ditemukan, tidak terlalu tinggi, menghubungkan Jl. A Yani dan Jl Minangkabau. Di kanan kiri janjang minang terdapat toko, area ini ramai. Ada toko sandal dan sepatu dari kulit Yap Yek, terkenal karena kualitas.

Janjang pesangrahan, terletak di pertigaan Jl. A Yani, Jl Teuku Umar, dan Jl, A, Karim. Jadi, pejalan kaki dari arah Jl. Teuku Umar menuju pasar atas, dapat melalui janjang pesangrahan, sampai di Jl. Cindua Mato.

Janjang pesangrahan tidak terlalu kelihatan dari jalan. Di sepanjang janjang pesangrahan ada beberapa toko kue, toko service sepatu, hotel, dan rumah. Lalu lintas pejalan kaki di janjang ini tidak terlalu ramai. Tidak seramai janjang Minang.

Janjang Gudang
Janjang gudang terletak di dekat jam gadang. Di sebelah toko Rima, terdapat janjang menuju penjara zaman Belanda. Di depan Penjara itu, dulu terdapat terminal angkutan umum dari Bukittinggi ke desa di sekitarnya (Balingka, Sungai Puar dll). Di janjang gudang terdapat toilet umum yang dibangun Belanda, masih dimanfaatkan sampai sekarang.

Janjang di Belakang Pasar
Di belakang pasar ada janjang menuju pasar bawah, melewati los maco. Di janjang tersebut ada penjual baju, tas, dan kerupuk kulit (karupuak jangek).



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for 6 Tangga/Janjang Menuju Pasar Atas Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>