3 Museum di Bukittinggi : Museum Tridaya Eka Dharma, Museum Zoologi, dan Museum Rumah Gadang Baanjuang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » 3 museum di bukittinggi » 3 Museum di Bukittinggi : Museum Tridaya Eka Dharma, Museum Zoologi, dan Museum Rumah Gadang Baanjuang

3 Museum di Bukittinggi : Museum Tridaya Eka Dharma, Museum Zoologi, dan Museum Rumah Gadang Baanjuang

(3092 Views) Februari 2, 2015 9:11 pm | Published by | No comment



Museum Tridaya Eka Dharma terletak di depan taman panorama. Museum Zoologi dan Museum Rumah Gadang Baanjuang, terletak di kebun binatang. Wisatawan dapat mengunjungi ke tiga museum itu dengan berjalan kaki. Harga tiket masuk ke museum zoologi dan Museum Rumah Gadang Baanjuang, seribu rupiah (belum termasuk harga tiket masuk ke kebun binatang). Wisatawan yang ingin melihat koleksi Museum Tridaya Eka Dharma, gratis, tidak dipungut bayaran. Museum buka dari pukul 8:00 – 16:00 WIB.

Museum Tridaya Eka Dharma, Bukittinggi.

Koleksi Museum Tridaya Eka Dharma berupa senjata perang, alat komunikasi yang digunakan selama perang berlangsung, foto dokumentasi presiden Republik Indonesia, pesawat terbang, baju dan perlengkapan perang. Sebagian merupakan senjata dan peralatan perang yang digunakan selama perang di wilayah Sumatera Barat. Ada senjata yang dirakit di Sungai Puar, Kabupaten Agam. Koleksi museum menggambarkan sejarah perjuangan merebut kekuasaan dari penjajah.

Pesawat terbang yang terletak di depan museum, merupakan icon keberadaan museum di kawasan itu. Tidak perlu ragu, masuk saja, karena staf museum sangat ramah dan dengan senang hati menjelaskan koleksi museum. Museum Tridaya Eka Dharma, paling sedikit dikunjungi wisatawan, dibandingkan dengan Museum Zoologi dan Museum Rumah Gadang Baanjuang.




museum-tridaya-panorama-3

Museum Zoologi di kebun binatang, menyimpan berbagai binatang yang telah diawetkan, yang ditempatkan di dalam rumah kaca, dan hidup di Indonesia, baik di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur. Jenis fauna yang dipamerkan antara lain; Anoa, Orang Utan, Burung Kasuari, Burung Cendrawasih, Ular, Harimau Sumatera, Harimau Dahan, Kangguru Tanah, Siamang, dan masih banyak lagi. Total fauna yang terdapat di dalam Museum Zoologi, lebih dari 2000 fauna.

Di dalam Museum Rumah Gadang Baanjuang, terdapat benda bersejarah dan kebudayaan masyarakat Minangkabau. Benda koleksi museum antara lain; peralatan memasak dan alat makan yang digunakan, pelaminan, rumah (tempat bermukim) berupa miniatur rumah gadang, peralatan pertanian, senjata tradisional, surau, dan mata uang yang digunakan. Semua benda-benda tersebut dilengkapi dengan teks, sehingga pengunjung dapat mengetahui nama dan kegunaan benda-benda yang dipamerkan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for 3 Museum di Bukittinggi : Museum Tridaya Eka Dharma, Museum Zoologi, dan Museum Rumah Gadang Baanjuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>