Zakiah Daradjat, Psikolog Islam dari Koto Marapak : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » tokoh » Zakiah Daradjat Psikolog Islam dari Koto Marapak » Zakiah Daradjat, Psikolog Islam dari Koto Marapak

Zakiah Daradjat, Psikolog Islam dari Koto Marapak

(752 Views) September 25, 2016 11:44 pm | Published by | No comment



Saya masih ingat suara pelan, tenang, dan hati-hati, saat Prof. Zakiah Daradjat menyampaikan makalah tentang remaja di Mesjid Al Azhar, Jakarta. Beliau memakai baju kurung dan kerudung yang disampirkan ke belakang, khas pakaian wanita Minang.

Prof. Dr. Zakiah Daradjat lahir pada tanggal 06 November 1929, di Jorong Koto Marapak, Nagari Lambah, Ampek Angkek, Agam, Sumatera Barat. Ayahnya, Haji Daradjat Husain merupakan aktivis organisasi Muhammadiyah dan ibunya, Rafi’ah aktif di Sarekat Islam. Haji Daradjat Husain memiliki dua orang istri. Dari Rafi’ah, istri pertama, lahir enam orang anak dan Zakiah adalah anak pertama, sedangkan dari istri kedua, Hajah Rasunah, lahir 5 anak.

Beliau merupakan salah seorang ahli psikologi Islam dari kalangan santri yang berhasil meraih gelar sarjana di luar negeri dalam bidang psikologi.




Zakiah Daradjat memulai pendidikan formal pada usia tujuh tahun di Standard School Muhammadiyah. Sore, ia belajar di Diniyah School. Tahun 1941, Zakiah melanjutkan SMP di Padang Panjang sambil mengikuti sekolah agama di Kulliyatul Muballighat. Tahun 1951, setelah tamat SMA, ia melanjutkan ke Yogyakarta. Di Yogyakarta, ia kuliah di Fakultas Tarbiyah PTAIN Yogyakarta

Tahun 1956, beliau menerima beasiswa dari Departemen Agama untuk melanjutkan pendidikan ke Mesir. Di Mesir, ia diterima di Fakultas Pendidikan Universitas Ain Shams, Kairo, untuk program S-2. Ia menyelesaikan S2 dengan tesis tentang problema remaja di Indonesia. Tahun 1959, ia melanjutkan program S-3 di universitas yang sama dan berhasil meraih gelar doktor dalam bidang psikologi dengan spesialisasi psikoterapi

Tahun 1964, Zakiah Daradjat kembali ke Indonesia dan membuka praktik konsultasi psikologi bagi karyawan Departemen Agama. 1967, Prof. Dr. Zakiah Daradjat diangkat sebagai Kepala Dinas Penelitian dan Kurikulum Perguruan Tinggi di Biro Perguruan Tinggi, Departemen Agama. Tahun 1977 , ia diagkat sebagai Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam.

Pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat di bidang pendidikan agama banyak memengaruhi wajah sistem pendidikan di Indonesia. Semasa menjabat direktur di Departemen Agama, Prof. Dr. Zakiah Daradjat termasuk salah seorang yang membidani peningkatan penghargaan terhadap status madrasah, salah satunya dengan memberikan pengetahuan umum 70 persen dan pengetahuan agama 30 persen pada siswa madsrasah. Aturan memungkinkan lulusan madrasah diterima di perguruan tinggi umum. 

Prof. Dr. Zakiah Daradjat meninggal di Jakarta dalam usia 83 tahun pada 15 Januari 2013.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Zakiah Daradjat, Psikolog Islam dari Koto Marapak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>