arsitektur : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Archive by category 'arsitektur'

Browsing Category arsitektur

Batu tempat duduk pemimpin Minang untuk bermusyawarah

Babalai Balerong Balairung (Balai Adat)

Balai menurut tambo terbagi dua yaitu ; Medan Nan Bapaneh dan Medan Nan Balinduang. Medan nan bapaneh adalah suatu area... Read more.

ngarai sianok dari gardu pandang taman panorama.

Tapian (Tempat Mandi) Dalam Adat Minang

Tapian berarti pinggir sungai untuk tempat mandi, cuci dan kakus. Tapian (tempat mandi) untuk wanita dan pria dipisah. Tapian itu... Read more.

thumbnail

Galanggang Lapangan Untuk Adu Ketangkasan di Minang

Di setiap nagari terdapat galanggang yang digunakan untuk tempat berkumpul. Di Bukittinggi, galanggang yang terkenal Bukik Ambacang, tempat adu ketangkasan... Read more.

replika balairung sari tabek

Replika Balairung Sari Tabek

Pada saat mencari referensi untuk tulisan Balairung, saya menemukan artikel di salah satu blog, tentang Balairung Sari Tabek di desa... Read more.

rumah gadang atap stasiun

Nama Rumah Gadang Berdasarkan Bentuk Atap

Selama ini, rumah gadang (rumah adat suku Minang) selalu identik dengan bangunan dengan atap gonjong. Atap merupakan ciri khas yang... Read more.

balingka-rumah batu

Beda Pola Rumah Nagari Koto Gadang dan Nagari Balingka

Saya berasal dari Nagari Balingka, jorong Pahambatan. Nagari Balingka mempunyai tiga jorong dan jorong pahambatan terletak di lereng bukit, sedangkan... Read more.

thumbnail

Rumah Gadang Bodi Chaniago

Februari 3, 2018 12:21 am

No comment

Ada dua keselarasan (dasar pemerintahan menurut adat) di Minang yaitu ; Body chaniago dan Koto piliang. Tokoh dua keselarasan ini... Read more.

mesjid sjech daoed rasjidi di balingka.

Surau Sjech Daoed Rasjidi di Balingka

Sjech Daoed Rasjidi merupakanulama besar yang berasal dari Nagari Balingka. Makam Sjech Daoed terletak di Bukittinggi, di depan mesjid Djambek.... Read more.

mesjid taqwa sungai buluh.

Arsitektur Mesjid Taqwa Sungai Buluh

Selama melakukan perjalanan di Bukittinggi dan sekitarnya, saya selalu berhenti untuk memotret rumah gadang, surau, dan mesjid lama, salah satunya... Read more.

bangunan yang mengadopsi rumah gadang dan rumah minahasa.

Bangunan yang Mengadopsi Arsitektur Rumah Gadang dan Rumah Walewangko (Rumah Adat Minang dan Rumah Adat Minahasa)

Saya melewati rumah berukir dan atap bagonjong, tapi fasad depan bangunan terlihat berbeda dengan rumah gadang pada umumnya. Kami memutuskan... Read more.


center>