Tari Galuak : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » tari galuak » Tari Galuak

Tari Galuak

(1621 Views) Agustus 30, 2017 11:39 am | Published by | No comment



Saya menemukan foto tari galuak di album keluarga. Foto lama, salah seorang kakak menarikan tari tersebut pada saat SD. Saya jadi ingat, saat SD, saya juga pernah menari tari galuak, di acara perpisahan kelas 6 (lulus dari Sekolah Dasar menuju Sekolah Menengah Pertama). Setiap tahun, setiap kelas menampilkan acara kesenian ; menari, menyanyi, dan baca pusisi.

tari galuak




Tari Galuak menggunakan alat tari berupa galuak, yang terbuat dari tempurung kelapa yang sudah dibersihkan dan dipernis agar mengkilat. Pada saat pentas tari, galuak diberi warna dan rumbai-rumbai dari kertas krep warna-warni.

Tari galuak mudah, sederhana, dan menyenangkan. Dua buah galuak (terbuat dari satu kelapa utuh yang dibagi dua sama besar), satu galuak dipegang di tangan kanan dan yang lain di tangan kiri.

Cara menari galuak dengan memukulkan galuak satu dengan yang lain di atas kepala, di depan dada, dan di belakang punggung sesuai irama. Pada gerakan yang lain, saya dan teman yang berdiri di sebelah saya (kanan-kiri) saling memukul galuak dengan gerakan lurus atau membentuk lingkaran. Pada permulaan tari, gerakan tari lambat, tapi semakin lama, semakin cepat, sesuai irama.

Pada saat memukul galuak antar penari, tidak boleh terlalu keras atau terlalu pelan. Ada pukulan tertentu, sehingga suara galuak terdengar jelas. Galuak harus dipegang erat-erat, agar selama manari tidak jatuh. Tari galuak ditarikan oleh anak perempuan. Jumlah penari lima orang atau tergantung kebutuhan acara.

Saya sudah lama tidak menyaksikan tari galuak. Tari galuak biasa ditarikan pada perlombaan tari antar Sekolah Dasar di Bukittinggi. Di youtube, tari galuak masih ditarikan pada perlombaan tari anak-anak. Malah di daerah Solok, tari galuak ditarikan oleh lansia (lanjut usia) dalam rangka pertunjukan wisata.

Gerakan tari yang sederhana dan suara pukulan galuak yang dipukul berirama sangat cocok untuk tari anak-anak. Selain itu, galuak (tempurung kelapa) mudah didapat.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Tari Galuak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>