Taman Kanak-Kanak (TK) yang Ada di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sarana kota » Taman Kanak-Kanak (TK) » Taman Kanak-Kanak (TK) yang Ada di Bukittinggi

Taman Kanak-Kanak (TK) yang Ada di Bukittinggi

(2806 Views) Juni 12, 2015 10:03 am | Published by | No comment



Tahun 2014, saya mudik lebaran ke Bukittinggi, setelah sekian tahun tidak mudik, saya menemukan banyak sekali Taman Kanak-Kanak (TK) yang khusus Islam, muridnya menggunakan hijab dan mengajarkan doa-doa dan tata cara secara Islam.

Saat saya TK (tahun 1978), Taman kanak-kanak yang saya ketahui, TK Kuntum Mekar (Dulu, Hollansche Chinese School, Sekarang, TK Kuntum Mekar, SD Fransiskus, SMP Xaverius) dan TK Pertiwi. TK Pertiwi sudah berdiri sebelum tahun 60-an, karena kakak saya tertua (lahir 1954) sudah sekolah di TK itu. Ia selalu pulang sekolah bersama ibu guru Das, tetangga kami. TK Pertiwi, TK umum, setiap pagi terdengar lentingan piano lagu anak-anak dari TK tersebut, yang memainkan piano, ibu kate. TK pertiwi terletak di dekat Panorama.




TK pertiwi Bukittinggi.

Sedangkan TK Kuntum Mekar, mungkin sudah ada sejak tahun 70-an, karena tahun 1978, orang tua memasukkan saya ke TK Kuntum Mekar (di bawah yayasan Prayoga Bukittinggi-sekolah Khatolik). Dari TK Kuntum Mekar saya meneruskan pendidikan ke SD Fransiskus, dan SMP Xaverius, semua dalam satu yayasan.

TK berbasis Islam pertama di Bukittinggi, berdiri sekitar tahun 1985, namanya TK Al- Falah, ibu saya ikut membantu berdirinya TK tersebut. Lokasi TK Al-Falah terletak di dekat lapangan kantin, dulu. Setelah itu, berdiri TK Masyitah, TK Khalifah, TK Al Azhar dan masih banyak lagi. Ketiga TK ini terletak di Jl, Yos Sudarso, Jl, A. Karim, dan Jl.Teuku Nan Renceh, berada di sekitar rumah saya.

TK Khalifah persis berada di depan rumah, sehingga saya bisa mengikuti kegiatan murid-murid di sekolah. Pagi-pagi mereka berbaris di depan sekolah, lalu membaca doa. Setelah itu, bermain dan belajar biasa, sesuai usia mereka. Tiap hari Jumat, mereka berjalan bersama-sama menuju mushola di dekat sekolah, belajar salat.

Ada beberapa TK Islam yang memberikan fasilitas antar jemput. Setiap pagi atau siang, akan terlihat kendaraan dengan nama sekolah, dengan penumpang murid TK. Dulu saat saya TK, tidak ada fasilitas antar jemput. Pagi saya berangkat sekolah dengan kakak, pulang dijemput papa.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Taman Kanak-Kanak (TK) yang Ada di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>