Sulaman Suji Cair Berbentuk Sulur (7) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sulaman » suji » Sulaman Suji Cair Berbentuk Sulur (7) » Sulaman Suji Cair Berbentuk Sulur (7)

Sulaman Suji Cair Berbentuk Sulur (7)

(1725 Views) Februari 1, 2017 10:10 am | Published by | No comment



Bunga merupakan motif utama sulaman suji cair. Motif bunga dalam ukuran besar-kecil dengan berbagai macam warna. Motif daun, batang, dan sulur merupakan motif pengisi dari bentuk bunga, yaitu motif yang mengisi ruang (kain), antara bunga yang satu dengan bunga yang lain.

Motif sulur digunakan sebagai pengisi area yang kosong dan motif pelengkap. Warna benang motif sulur disesuaikan dengan warna bunga (komposisi warna bunga), dengan mempertimbangkan warna benang bunga utama (bunga Rose), harus dominan dibandingkan dengan warna lain.



Warna benang motif sulur merupakan gradasi, dari warna muda (mendekati warna putih) sampai warna yang lebih tua, misal gradasi warna merah dan kuning.

Di bagian pinggir motif sulur dan sebagian daun diberi benang emas/perak, sehingga lebih berkilau. Walau lebih berkilau, tapi dari ukuran besar dan bentuk (bunga rose), tetap menjadi pusat perhatian pada taplak meja, selendang, atau seprei sulaman suji.

Sulaman suji cair dengan motif sulur antara bunga dan daun.




Sulaman suji cair dengan motif sulur antara bunga dan daun.  Warna benang motif sulur ; merah, kuning, merah muda, dan merah muda mendekati putih.

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur berbentuk daun.

 

 

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur berbentuk daun. Pola motif sulur ini, menyerupai dua helai siluet daun, sedangkan di bagian bawah, motif sulur dengan beberapa lengkung.

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi di antara bunga kecil.

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi warna di antara bunga kecil. Warna motif sulur disesuaikan dengan warna bunga kecil-kecil, yaitu warna kuning dan kuning muda. Ketebalan motif sulur disesuaikan dengan komposisi, di area yang dekat bunga, sulur lebih tipis, sedangkan di area lain lebih tebal.

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi warna kuning-2.

 

 

Pola ini merupakan rangkaian motif pola sulur, dengan warna utama, gradasi warna kuning.

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi warna merah muda.

 

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi warna merah muda dalam satu rangkaian motif sulur.

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur kuning muda.

 

 

 

Sulaman suji cair dengan motif sulur gradasi kuning muda. Pada beberapa ujung sulur, terdapat motif bunga kecil. Selain bentuk sulur yang tebal dan tipis, terdapat beberapa titik-titik, untuk mengisi ruang. Di bagian atas rangkaian sulur terdapat, garis lengkung berwarna merah muda.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Suji Cair Berbentuk Sulur (7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>