Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sulaman » kristik » Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7) » Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7)

Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7)

(19974 Views) Februari 8, 2017 11:47 pm | Published by | No comment



Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam sulaman kristik taplak meja adalah penyelesaian bagian pinggir sulaman, sehingga sulaman kristik terlihat sempurna.  Sulaman kristik bagian pinggir dari taplak meja harus terlihat rapi, menggunakan motif kristik sederhana, agar motif utama tetap terlihat dan menjadi fokus utama. Warna benang harus disesuaikan dengan komposisi motif kristik, sebaiknya menggunakan warna netral atau warna yang lebih tua. Selain memperindah tampilan sulaman, penyelesaian bagian pinggir menutup potongan kain. Setelah potongan kain dilipat, di bagian atasnya ditambahkan sulaman atau rumbai-rumbai.




Ada beberapa cara menyulam/menyelesaikan bagian pinggir taplak meja segi empat.

  1. Menggunakan rumbai-rumbai dengan panjang 5 cm, yang diikatkan pada pinggir taplak meja. Warna benang lebih tua, agar garis tepi/batas kain jelas terlihat.
  1. Sulaman kristik sederhana, berupa garis dan diselang-seling dengan wajik atau bentuk segitiga. Motif sederhana ini sengaja dirancang, agar motif utama sulaman kristik yang terletak di bagian tengah, tetap tampil menarik. Benang warna biru disesuaikan dengan benang yang mendominasi taplak meja.

Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7) 2.sulaman kristik taplak meja motif pinggi-sudut-bentuk wajik pada bagian-bagian tertentu. 3. sulaman kristik taplak meja penyelesaian bagian pinggir dengan rumbai-benang warna coklat.

 

Sulaman kristik bagian pinggir pada taplak meja. Motif terdiri dari dua warna yaitu, warna coklat muda dan coklat tua. Warna coklat tua berbentuk wajik terletak di bagian tengah, sedangkan motif segitiga terletak di bagian pinggir. Secara keseluruhan motif wajik kecil di bagian tengah dan motif segitiga di bagian pinggir membentuk garis. Pada gambar, penyelesaian bagian pinggir taplak meja membentuk sudut.

 

Sulaman kristik taplak meja di bagian pinggir dengan motif garis dan wajik. Pola motif sederhana dengan warna benang, biru tua. Satu garis lurus dengan panjang 2 cm, membentuk sudut, dan membentuk wajik kecil, selang-seling sepanjang tepi kain. Sebelum disulam kristik, bagian potongan kain dilipat ke dalam.

 

 

 

 

Sulaman kristik taplak meja penyelesaian bagian pinggir dengan menggunakan rumbai-rumbai benang warna coklat tua. Setiap benang diikatkan satu persatu di pinggir kain. Jarak antara satu benang dengan benang yang lain harus rapat. Panjang benang harus sama, agar terlihat rapi.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Kristik Penyelesaian Bagian Pinggir Kain (7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>