Sulaman Kristik Motif Daun (2) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sulaman » kristik » Sulaman Kristik Motif Daun (2) » Sulaman Kristik Motif Daun (2)

Sulaman Kristik Motif Daun (2)

(3624 Views) Februari 3, 2017 1:05 pm | Published by | No comment



Dalam satu rangkaian bunga selalu ada motif daun. Rancangan motif daun tergantung dari komposisi pola sulaman kristik. Daun dengan ukuran besar mempunyai bentuk yang menyerupai bentuk daun asli, berbentuk oval dengan tulang daun di bagian tengah. Sedangkan daun ukuran kecil hanya terdiri dari dua-tiga garis menggunakan benang berwarna hijau.

Peletakan daun di sekitar bunga, mengisi ruang yang kosong dan memperkuat komposisi bunga dan daun.  Pada bunga rose besar, terdapat lebih dari 5-6 rangkaian daun di sekitar, sedangkan pada bunga rose kecil, hanya 2-3 daun dengan ukuran kecil.

Daun yang menutupi putik bunga, menggunakan warna benang hijau muda. Sedangkan daun di sekitar bunga rose yang besar, mempunyai gradasi warna hijau tua, hijau muda, dan hijau kekuning-kuningan.




6. sulaman kristik taplak meja motif daun warna hijau dan batang warna coklat muda. 5. sulaman kristik taplak meja motif daun di sekitar bunga dan kuncup bunga. 4. sulaman kristik taplak meja motif daun di sekitar bunga besar 3. sulaman kristik taplak meja motif daun di antara bunga besar dan bunga kecil 2. sulaman kristik taplak meja motif daun dan batang di sekitar bunga. 1. sulaman kristik taplak meja motif daun -1

 

Kelompok daun di bagian ujung, setiap daun dihubungkan dengan batang berwarna coklat. Warna daun terdiri dari beberapa warna ; hijau muda, hijau lumut, hijau tua, kuning, dan coklat tua. Memberi kesan, daun kering yang berwarna kecoklatan.

 

 

 

 

Daun bagian bawah batang berwarna coklat tua, sedangkan daun di bagian atas berwarna hijau muda dan hijau tua. Tulang daun berwarna hijau tua. Beberapa daun hanya terdiri dari satu-dua garis.

 

 

 

 

 

 

Sulaman kristik motif daun dan batang di sekitar bunga. Rangkaian daun yang mengelilingi bunga penuh.

 

 

 

 

 

 

Sulaman kristik motif daun di antara bunga besar dan bunga kecil. Bentuk daun pada komposisi ini disesuaikan dengan motif keseluruhan, jika bunga kecil, bentuk daun hanya terdiri dari satu-dua garis, sedangkan daun besar menyerupai bentuk daun yang sebenarnya.

 

 

 

 

Sulaman kristik  taplak meja motif daun dan batang di sekitar bunga.  Daun terdiri dari benang warna kuning muda, hijau muda, hijau tua, dan coklat. Batang terdiri dari warna coklat tua dan hijau tua. Batang berwarna hijau terletak di bagian ujung dan di bawah putik.

 

 

Benang pada batang selang-seling antara warna coklat dan hijau tua. Batang utama menggunakan warna coklat tua, sedangkan cabang pada daun dan bunga menggunakan warna benang hijau tua. Daun, bunga, putik berada dalam satu rangkaian yang diikat oleh batang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Kristik Motif Daun (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>