Sulaman Kapalo Samek pada Baju Kebaya Warna Hitam (2) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sulaman » kapalo samek » Sulaman Kapalo Samek pada Baju Kebaya Warna Hitam (2) » Sulaman Kapalo Samek pada Baju Kebaya Warna Hitam (2)

Sulaman Kapalo Samek pada Baju Kebaya Warna Hitam (2)

(1521 Views) Februari 13, 2017 2:51 am | Published by | No comment



Motif sulaman kapalo samek pada kebaya. Motif sulaman kapalo samek pada baju kebaya berwarna hitam terletak membujur dari bahu, dada, sampai pinggang. Motif sulaman simetris pada kedua sisi, kanan dan kiri.

Kelompok bunga yang besar terletak di bagian dada dan di pinggang, sedangkan di antara kedua bunga tersebut terdapat batang, daun, dan kelompok bunga kecil. Berbeda dengan sulaman suji, satu bunga sulaman suji dapat disulam beberapa kelopak dan berukuran besar (diameter 5-8 cm), sedangkan pada sulaman kapalo samek, untuk membentuk kelompok bunga yang  besar, terdiri dari 5-7 bunga kecil dan beberapa daun.

Warna-warna cerah di atas kain hitam terlihat sangat menonjol. Warna motif sulaman didominasi, warna merah, biru, kuning, dan putih. Pada batang dan daun menggunakan warna hijau.

Selain di bagian bahu, dada, dan pinggang, motif kapalo samek terdapat pada lengan bagian bawah. Pada baju kurung, motif sulaman kapalo samek juga terdapat pada lengan bagian bawah.




Sulaman kapalo samek baju kebaya.

 

 

Sulaman kapalo samek untuk baju kebaya. Motif bunga, simetris kanan dan kiri. Kelompok bunga besar terletak di dada dan pinggang. Sedangkan kelompok bunga kecil terletak menyebar. Ada 4 kelompok bunga besar dan 8 kelompok bunga kecil pada baju kebaya.

 

 

 

 

 

 

Motif sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga besar.

 

 

 

Detil motif sulaman kapalo samek kelompok bunga besar. Kelompok bunga ini terdiri dari motif bunga besar, kupu-kupu, dan daun. Kupu-kupu berwarna kuning muda dan kuning tua, sedangkan bunga berwarna oranye, merah muda, putih, dan kuning. Sari bunga yang terdapat di tengah bunga, berwarna merah.

 

 

 

Sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga-besar.

 

 

Sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga-besar. Ada garis berwarna hijau yang menghubungkan satu kelompok bunga dengan kelompok bunga lain.

 

 

 

Sulaman kapalo samek baju kebaya di bagian bahu.

 

 

 

Motif sulaman kapalo samek baju kebaya di bagian bahu. Motif ini merupakan kelompok bunga paling ujung atau penutup dari rangkaian bunga yang ada di bawahnya. Di ujung batang terapat bunga berwarna oranye. Ada daun di atas dan di bawah bunga. Pada batang atau garis lengkung yang menghubungkan antar kelompok bunga, terdapat titik-titik kuning.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Kapalo Samek pada Baju Kebaya Warna Hitam (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>