Sulaman Bayang (1) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sulaman » bayang » Sulaman Bayang (1) » Sulaman Bayang (1)

Sulaman Bayang (1)

(2954 Views) Februari 10, 2017 2:29 am | Published by | No comment



Jenis sulam bayang merupakan inovasi terbaru sulaman di Bukittingi. Tahun 1980, saat saya masih di Bukittinggi belum ada sulam bayang. Sulam suji dan sulam kapalo samek sudah ada sejak dulu.

Sulaman bayang merupakan sulaman yang berbentuk siluet. Motif yang muncul di bagian depan, sisi pinggir motif bunga atau daun, sedangkan isi (bagian dalam bunga/daun) berupa bayangan warna merah dan daun. ini kebalikan dari sulaman suji, yang terlihat sulaman bagian dalam (isi) bunga dan daun.

Bagaimana agar bayangan benang di bagian belakang terlihat dari depan? Kain yang digunakan tipis dan susunan benang di bagian belakang rapat, sehingga membayang ke depan.  Garis-garis siluet daun mempertegas bentuk motif bunga dan daun.

Sulaman bayang dapat digunakan pada mukena, jilbab, dan baju. Sulaman bayang dapat dikombinasikan dengan bordir.




Sulaman bayang bagian depan untuk jilbab.

 

Sulaman bayang untuk jilbab. Gambar ini merupakan bagian depan sulam bayang. Motif bunga, daun, dan warna benang yang digunakan bentuk memperjelas sulam bayang.

 

 

 

 

Sulaman bayang bagian belakang untuk jilbab.

 

Sulaman bayang untuk jilbab (bagian belakang). Sulaman bayang dari belakang harus rapi, agar membayang ke depan. Walaupun benang bunga  kecil  sama (merah muda), tetapi benang bunga satu dengan yang lain tidak menyambung, tetapi diputus. Jika benang satu dengan yang lain tidak diputus, maka sambungan benang akan terlihat (membayang) ke depan. Pola sulaman bayang membentuk selang seling dan rapat. Warna benang gradasi merah muda, gradasi kuning, dan gradasi hijau. Tampilan di bagian depan warna-warna itu nampak bersemu.

 

 

 

Sulaman bayang untuk mukena (sulaman bordir dan bayang).

 

 

 

Sulaman bayang untuk mukena (sulaman  bordir dan bayang). Sulam bayang terletak di atas kain putih dan agak mengilap. Garis-garis siluet sulam bayang terlihat lebih terang. Berbeda dengan garis siluet pada kain hitam untuk jilbab, garis siluet tidak terlalu cerah, karena pengaruh warna hitam pada kain.

 

 

 

 

Sulaman bayang untuk mukena, sulaman bordir dan bayang.

 

 

 

 

Sulaman bayang untuk mukena, gabungan antara sulaman bayang dan bordir. Sulam bayang terletak di bagian atas mukena dan bordir di bagian bawah. Benang bordir berwarna oranye, sedangkan warna benang sulam bayang terdiri dari warna ; oranye, merah, dan hijau.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sulaman Bayang (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>