Soto Bang karto : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » Soto Bang karto » Soto Bang karto

Soto Bang karto

(2736 Views) Mei 21, 2015 6:54 am | Published by | No comment



soto padangSoto bang Karto sangat terkenal di Bukittinggi, karena banyak peminat, maka soto Bang Karto membuka cabang di depan rumah susun Tanah Abang, Jakarta.

Soto bang karto menjual soto khas Padang. Soto Padang berisi bihun, perkedel kentang, daging sapi goreng yang dipotong kecil-kecil, bawang merah, sambal, disiram kuah soto. Kerupuk merah khas Padang diletakkan di atas nasi, jika ingin makan dengan nasi. Jika tidak, kerupuk merah disebar di atas soto, di dalam mangkok khusus.

Selain menjual soto khas Padang, yang sering dipesan pembeli “ Tahu”. Tahu berupa; mie kuning agak besar direbus, tahu goreng diiris tipis, irisan daging sapi, seledri, dan dicampur kuah kacang, ditambah kerupuk merah.




Jika disajikan di rumah (dibawa pulang), selalu minta penjual untuk memisahkan antara kuah soto dan isinya, agar mie tidak mengembang. Begitu juga, “tahu”, selalu pisahkan antara isi dan kuah kacang. Kalau tahu tidak habis dimakan, dapat disimpan di kulkas, dan kukus sebelum dimakan.

Di Bukittinggi, warung Soto Bang Karto terletak di pasar atas. Dari jam gadang, telusuri jalan di samping Rumah Makan Simpang Raya. Warung Soto bang Karto terletak di bangunan di depannya. Waktu buka warung hampir sama dengan toko/warung yang ada di sekitarnya, antara pukul 9:00 WIB.

Di Bukittinggi, warung soto bang Karto, ada di pasar atas, dan di pasar bawah. Lokasi soto bang Karto di pasar bawah : turun dari janjang gantung, menuju pasar bawah, telusuri di sekitar area tersebut. Lokasi warung di dalam pasar atas berupa los besar, tidak seperti toko yang dibatasi dinding seperti di pasar atas.

Sedangkan di Jakarta, Soto bang Karto terletak di depan rumah susun tanah abang, di depan tempat parkir. Warung soto bang Karto biasanya buka pukul 11:00 WIB sampai malam. Sore hari, tersedia “pisang dan ketan”. Pisang goreng (biasanya pisang raja) dan ketan yang diberi taburan kelapa parut.

Selain menjual soto dan tahu, soto bang Karto juga menjual nasi goreng, mie goreng, teh, kopi. Warung yang tidak menjual nasi dan lauk-pauknya, tapi hanya menjual beberapa jenis makanan tertentu, tidak banyak pilihan makanan.

foto : Zulkifli.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Soto Bang karto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>