Sandal Wanita Sulaman Kristik, Tenun, dan Kapalo Samek : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » oleh-oleh » Sandal sulamam » Sandal Wanita Sulaman Kristik, Tenun, dan Kapalo Samek

Sandal Wanita Sulaman Kristik, Tenun, dan Kapalo Samek

(2212 Views) Desember 22, 2014 8:17 pm | Published by | No comment



saya selalu membeli sandal sulaman kristik atau tenunan, sandal itu murah, tahun 2011 harganya Rp.10.000 tahun 2014 naik menjadi Rp 15.000 – 20.000 tergantung toko dan kepintaran menawar. Sulaman kristik banyak digunakan untuk taplak meja, hiasan dinding, sapu tangan, dan ada juga untuk seprei, banyak dijual di pasar atas.

Motif kristik di bagian atas sandal bermacam-macam, ada gambar rumah gadang, gambar bunga, atau bentuk simetris, di atas kain warna merah, hitam, dan biru. Bagian bawah sandal dari karet berwarna hitam, tidak terlalu tebal kira-kira 0.5 – 1 cm. Sesuai harganya, jika terlalu sering dipakai, sandal mudah putus, karena lem yang digunakan tidak terlalu kuat, serta. Jangan gunakan sandal di area yang berair atau pada saat musim hujan, masa pakainya akan lebih cepat selesai.

Saya lebih suka menggunakan sandal ini untuk di rumah, selain ringan, resiko kerusakan bisa diminimalisir, jika dibandingkan dibawa ke luar rumah. Sandal ini dijual di toko oleh-oleh atau pedagang kaki lima di pasar atas. Bila membeli di pedagang kaki lima harganya lebih mahal atau sama dibanding di toko. Di toko, jenis sandalnya bermacam-macam, bisa memilih, ukurannya antara 37-41, beda ukurannya tidak terlalu kentara.




Lebaran tahun 2014, saat saya ke Bukittinggi, sandal sulaman kristik tidak terlalu banyak jenis dan motifnya. Sandal dari tenunan dengan benang seperti emas dan perak juga tak terlalu banyak, berganti dengan sandal yang tidak disulam, hanya kain atau sejenis plastik di bagian atasnya. Padahal nilai seni, sandal sulaman kristik lebih tinggi, dan membutuhkan ketrampilan dalam membuatnya, dan yang paling penting, dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Bukittinggi.

Selain sulamam kristik, saya menemukan sandal sulaman kapalo samek, dengan motif bunga dan benang emas, harganya Rp 30.000, tahun 2013 di toko Cindua Mato. Toko ini terletak di dekat Kebun Binatang. Di toko oleh-oleh lain dan pedagang kaki lima, tidak ada sandal dengan sulaman kapalo samek itu, baru pertama kali ini saya menemukan sandal dengan sulaman kapalo samek, biasanya sulaman jenis ini digunakan untuk selendang koto gadang dan harganya bisa 2-3 juta.

sandal wanita dengan sulaman kapalo samek

sandal wanita dengan motif songket



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Sandal Wanita Sulaman Kristik, Tenun, dan Kapalo Samek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>