Rumah Kelahiran Bung Hatta : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Tujuan wisata » rumah kelahiran bung hatta » Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah Kelahiran Bung Hatta

(27918 Views) Januari 5, 2015 7:58 pm | Published by | No comment



Rumah kelahiran Bung Hatta , berada di dekat pasar bawah Bukittinggi. Sebagian rumah di sepanjang jalan itu sudah berubah fungsi menjadi toko. Mudah menemukan Rumah Kelahiran Bung Hatta, persis di jalan besar. Ada papan nama. Di pintu masuk, ada satu dua orang staf dari pemerintah kota Bukittinggi, yang duduk di depan, setiap tamu diminta untuk mengisi buku tamu. Setelah itu dipersilakan masuk, melihat-lihat koleksi rumah. Di dinding rumah terpajang foto keluarga Bung Hatta : ibu, bapak, tante, om. Ada juga silsilah keluarga dari pihak ibu. Foto kegiatan Bung Hatta mengunjungi Bukittinggi, meresmikan rumah sakit Ibnu Sina terpampang di dinding.

Rumah Kelahiran Bung Hatta, persis di jalan besar Jl. Soekarno-Hatta. Ada papan nama tertulis rumah Kelahiran Bung Hatta. Rumah terbuat dari kayu dan berlantai 2

Setiap ruang dan benda-benda koleksi diberi keterangan, sehingga pengunjung dapat mengetahui secara jelas, lemari bung Hatta, kamar ibunya, kamar kakak ibunya, dapur, tempat kuda, lumbung. Sangat informatif.




Kamar depan, kamar bung Hatta, saat muda. Di dalam kamar itu masih terdapat tempat tidur, lemari, dan meja. Di dalam lemari, tersimpan buku yang ditulis Bung Hatta dan buku yang ia baca. Saya pernah membaca buku tentang Bung Hatta. Di dalam buku itu, ditulis, Bung Hatta sangat teliti, ia suka menaruh tumpukan uang receh di atas meja belajarnya, dan jika uang receh itu bergeser sedikit, ia tahu. Mungkin meja yang dimaksud di dalam buku, meja yang di kamar itu.

Bung Hatta lahir di salah satu kamar lantai-2, saya memasuki kamar itu, kamar ibunya. Masih lengkap tempat tidur, dan lemari. Semua ruangan bisa diakses. Sebelum naik lantai dua, ada ruang makan, meja, piring, dan gelas, menggambarkan kondisi saat itu.

Di bagian belakang rumah terdapat lumbung padi, dapur, toilet, kamar bujang, kandang kuda, ruang perlengkapan bendi, ruang bendi. Bendi, tempat duduk yang dilekatkan pada kuda, dinaiki oleh kusir bendi (pengendali kuda), dan 4 penumpang. Dulu, alat transportasi menggunakan kuda, sehingga setiap keluarga yang mampu, mempunyai kuda dan bendi.

Rumah ini hasil renovasi, saya bertanya pada salah seorang staf, disampaikan bahwa yang merenovasi rumah, tim dari jurusan Arsitektur, Universitas Bung Hatta. Pola ruang tetap dipertahankan, tidak berubah, tapi lumbung padi dibangun baru, jalan setapak dilapis batu templeks. Pada dinding menuju lantai atas terdapat denah rumah, lengkap lantai 1 dan lantai 2.

Mengunjungi Rumah Kelahiran Bung Hatta, mengetahui tata cara kehidupan masyarakat saat itu. Transportasi, dan alat makan yang digunakan, serta pola ruang di dalam rumah.

Artikel Terkait

1. Surau Inyiak Djambek Tempat Bung Hatta Belajar Mengaji
2. Perpustakaan Bung Hatta Baru di Gulai Bancah
3. Istana Bung Hatta Tempat Kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta
4. Mohammad Hatta dan Bukittinggi
5. Denah Arsitektur Rumah Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi

Tempat kuda di samping rumah Bung Hatta, Bukittinggi.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Rumah Kelahiran Bung Hatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>