Rajut (Crocheting) Pada Kepala Selendang Warna Merah Muda Pada Sulaman Terawang (2) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Sulaman » terawang » Rajut (Crocheting) Pada Kepala Selendang Warna Merah Muda Pada Sulaman Terawang (2) » Rajut (Crocheting) Pada Kepala Selendang Warna Merah Muda Pada Sulaman Terawang (2)

Rajut (Crocheting) Pada Kepala Selendang Warna Merah Muda Pada Sulaman Terawang (2)

(1222 Views) Januari 27, 2017 1:46 pm | Published by | No comment



Selendang mempunyai kepala (bagian ujung selendang) kanan dan kiri dan badan selendang. Sulaman terletak pada badan selendang. Pada saat digunakan, ujung (kepala) selendang terdapat di bagian depan (bagian dada), sedangkan badan selendang disampirkan ke bagian punggung atau kepala. Selain sulaman selendang yang indah, ujung selendang harus menarik dan indah dipandang.

Benang pada ujung selendang tergantung warna, jenis kain, dan motif selendang. Pada selendang sulaman suji, ujung selendang menggunakan benang emas. Benang emas lebih kaku dan pola kepangĀ  terlihat lebih jelas.

Artikel ini, membahas ujung selendang terawang. Jenis kain selendang suji dan selendang terawang berbeda. Jenis kain sulaman terawang lebih halus dan tipis. Benang yang digunakan pada ujung selendang menggunakan sejenis benang sulam, tapi lebih tebal (mirip dengan benang sulam terawang). Benang sulam terawang terlalu tipis untuk digunakan sebagai hiasan ujung selendang, sulit untuk dirajut dan dikepang.

Ujung selendang terawang berupa rajutan. Rajutan pada ujung selendang merupakan hiasan selendang, selain sulaman terawang yang ada di bagian badan selendang.




Rajutan (Crocheting) kepala-selendang warna merah muda -terawang-Menggunakan 2 metode kepang dan rajutan.Pada bagian kepala selendang ada dua metode yang digunakan, yaitu rajut dan kepang. Untuk menyambungkan benang ke kain, digunakan metode rajut, setelah itu benang dikepang membentuk motif tertentu, dan sisa benang diikat menjadi rumbai.

Rajutan (Crocheting) kepala selendang warna merah muda terawang bagian cara menyambung selendang dan rajutan.Semakin lebar kepang benang di ujung selendang semakin bagus. Pada gambar lebar kepang benang kira-kira 10 cm. Di bagian bawah rajutan (ujung benang menjadi rumbai), beberapa rumbai diikat menjadi beberapa rumbai kecil. Panjang rumbai 5 cm. Hindari membentuk rumbai yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Panjang 5-8 cm merupakan panjang ideal untuk panjang rumbai.

 

Warna benang yang digunakan sama dengan benang sulaman terawang. Pertemuan antara kain dan hiasan ujung benang sangat rapi. Pertama, kain disulam dengan benang yang tipis, setelah itu disambung dengan benang yang lebih tebal. Lapisan berikutnya, benang di kepang.

Rajutan (Crocheting) pinggir selendang warna merah muda terawang.

 

Di bagian pinggir selendang, dirajut kecil, sederhana. Rajutan itu berguna untuk menutupi lipatan kain selendang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Rajut (Crocheting) Pada Kepala Selendang Warna Merah Muda Pada Sulaman Terawang (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>