Pulang Basamo : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » budaya » Pulang Basamo » Pulang Basamo

Pulang Basamo

(1157 Views) Maret 23, 2016 12:52 am | Published by | No comment



Tradisi pulang basamo masih ada sampai sekarang terutama pada saat Lebaran. Pulang basamo adalah pulang bersama-sama pada waktu yang telah ditentukan.

Tahun 70-an, pulang basamo dicetuskan oleh mahasiswa perantauan yang ada di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Pada masa liburan (Lebaran) mereka harus pulang, untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Mahasiswa Jakarta dan sekitar berkumpul di Universitas Indonesia, bagi mahasiswa Bandung berkumpul di ITB, sedangkan di Yogya mereka berkumpul di UGM. Mahasiswa Minang mempunyai perkumpulan Mahasiswa Minang di masing-masing universitas, sehingga mudah untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Mahasiswa yang pulang basamo terdiri dari beberapa universitas yang ada di satu kota atau kota yang berdekatan, misal mahasiswa Minang yang kuliah di Bogor dan Jakarta bergabung. Mereka menyewa bus Jakarta-Bukittinggi, urunan, dan pulang bersama-sama. Pulang bersama akan membuat biaya pulang lebih ringan, dan ada teman seperjalanan yang seusia, berasal dari kampung yang sama-berdekatan. Untuk kembali ke Jakarta, Bandung, Yogyakarta sebagian bersama-sama, sebagian sendiri-sendiri karena jadual masuk kuliah yang berbeda-beda.




Saya kira, dengan mudah dan murah transportasi udara akan menghilangkan tradisi pulang basamo bagi mahasiswa di perantauan, ternyata tidak. Saya masih temukan info pulang basamo untuk mahasiswa di facebook, dari Jakarta-Bukittinggi beberapa waktu yang lalu, biaya perjalanan dengan menggunakan bus, kurang dari Rp. 500.000.

Ikatan Keluarga Balingka (perkumpulan orang Balingka yang berada di Jakarta) melakukan hal yang sama. Tiap Lebaran mereka menyewa bus dan pulang bersama-sama. Dengan cara ini, bus bisa mengantar mereka sampai Balingka, tidak menurunkan penumpang di terminal Aur Kuning, Bukittinggi.

Pulang bersama-sama selalu menyenangkan karena seusia (mahasiswa) atau sekampung. Alumni sekolah di Bukittinggi secara rutin melakukan pulang basamo. Mereka bertemu di Bandara Soekarno Hatta, berada dalam satu pesawat menuju Padang, sesampai di Bandara International Minangkabau dijemput menuju Bukittinggi. Selama perjalanan dari Jakarta-Bukittingi, mereka sengaja memakai seragam reuni.

pulang basamo reuni SMA 2 Bukittinggi angkatan 1990 tahun 2015.pulang basamo reuni SMA 2 Bukittinggi angkatan 1990 tahun 2015.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada acara baralek datuak (Batagak Panghulu) yang diadakan di Balingka setelah Lebaran 2016, terdengar kabar, akan disediakan satu bus gratis bagi perantau untuk pulang. Ini tentu kabar baik bagi perantau.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Pulang Basamo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>