Permainan Tradisional Galah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Permainan Tradisional Galah » Permainan Tradisional Galah

Permainan Tradisional Galah

(533 Views) Maret 22, 2017 4:20 am | Published by | No comment



Saya sering melakukan permainan galah dengan teman-teman, di sekolah (pada saat istirahat) atau di sore hari di halaman rumah. Permainan ini terdiri dari 2 regu ; regu yang jaga dan yang main. Masing-masing regu berjumlah minimal 3 orang, bisa 4 dan 5 orang. Total pemain antara 6-10 orang.

Permainan terletak di lapangan yang datar, sebelum permainan di mulai, dibuat garis horizontal di tanah, sesuai dengan jumlah anggota regu yang jaga. Panjang setiap garis 4-5 meter. Jarak antara masing-masing garis 3 meter. Di tengah garis horizontal dibuat garis vertikal.

Regu yang jaga (Panjago) terbagi dua ; kepala regu (yang bebas bergerak pada garis horizontal dan verikal-garis yang terletak di bagian tengah-). Sedangkan anggota regu, hanya bergerak horizontal.




Permainan dimulai dengan posisi semua anggota regu yang main, berada di depan garis horizontal pertama. Anggota regu dibagi 2, sebagian berada di sisi kanan, dan sebagian di sisi kiri kepala penjaga yang berada di garis tengah (vertikal). Kepala regu pemain (Rajo pemain) berteriak cak siko (sini), artinya ia bebas bergerak tanpa dihalangi oleh pemain penjaga. Bila ia berteriak cak sinan (sana), maka anggota regu yang berdiri di sisi yang lain bebas untuk berlari, berusaha menerobos garis ke-2.

Setiap anggota regu berusaha untuk menembus penjagaan, setelah berhasil menembus garis terakhir, ia harus kembali melintasi garis awal. Bila salah seorang anggota regu berhasil melintasi garis awal, maka regu dinyatakan menang. Jika pada saat melintasi garis horizonta salah seorang anggota regu berhasil dipegang oleh panjaga, maka terjadi pergantian peran, regu pemain menjadi regu panjaga.

Permainan ini mengandalkan kecepatan, ketangkasan, kerja sama, dan taktik mengecoh penjaga, agar salah satu anggota regu dapat melintas. Lama permainan tergantung dari kesepakatan setiap regu. Permainan galah dilakukan di halaman rumah, pada hari libur, atau pulang sekolah.

Sumber :
Ensiklopedia Minangkabau Edisi Awal
Tim yang diketua H. Mas’oed Abidin
Penerbit Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM)
April 2005



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Permainan Tradisional Galah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>