Perhiasan Kalung Koto Gadang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Budaya sejarah » budaya » Perhiasan Kalung Koto Gadang » Perhiasan Kalung Koto Gadang

Perhiasan Kalung Koto Gadang

(1360 Views) September 29, 2017 12:46 am | Published by | 2 Comments




Saat berkunjung ke rumah teman kakak di Nagari Koto Gadang, saya menemukan kalender dengan foto-foto perhiasan lama khas Koto Gadang. Ada satu dua kalung yang sama dengan perhiasan mama. Saya yakin perhiasan yang difoto untuk dijadikan kalender itu, merupakan koleksi yang masih disimpan oleh sebagian keluarga secara turun temurun, karena sulit menemukan perhiasan dengan rancangan seperti itu, termasuk di toko emas di Bukittnggi. Kalender itu diprakasai oleh Ibu-ibu Koto Gadang.

maniak baranggo dan merjan-kalung koto gadang.

Ada 6-8 macam kalung yang terdapat di dalam kalender itu, setiap foto terdapat nama kaluang dan fungsinya.
Kaluang mansora dan ampiang, berupa rangkaian kalung yang terdiri dari satu atau dua lapis kalung, dengan motif ornamen yang sama. Kalung ini tidak panjang, kira-kira 5-8 cm di bawah leher.

Kaluang gadang, kalung ini panjang sampai di bawah dada, dengan beberapa buah ornamen besar. Maniak baranggo dan merjan. Merjan merupakan batu berwarna merah yang dibentuk menjadi perhiasan, sedangkan maniak baranggo merupakan mainan kaluang yang dibentuk seperti bola, di dalamnya kosong (baranggo). Collier, kalung dengan rancangan yang lebih ringan, ditambah dengan mata berlian atau intan. Liontin, kalung dengan mata berlian atau intan. Daraham dan kaluang ketek. Daraham seperti koin emas yang disusun menjadi kalung, orang minang menyebut rupiah ameh (koin emas). Sedangkan kaluang ketek, hiasan kaluang yang kecil, tidak menonjol.




Kalung yang digunakan untuk baju kurung ; kaluang gadang, maniak baranggo dan merjan, kaluang mansora, kaluang ampiang, liontin, daraham, dan kaluang ketek. Semua kalung terbuat dari emas. Walau koto gadang terkenal dengan kerajinan perak, tapi tidak ada perhiasan perak yang digunakan dalam acara-acara adat. Kaluang gadang yang asli terbuat dari emas. Akan tetapi, kaluang gadang yang digunakan untuk pengantin saat ini, terbuat dari kuningan. Kaluang maniak baranggo, merjan, ampiang, dan kaluang mansora merupakan kalung yang biasa digunakan oleh wanita untuk menghadiri acara-acara resmi (pernikahan atau acara adat). Sedangkan kalung yang dipakai sehari-hari kalung collier atau kaluang ketek.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Perhiasan Kalung Koto Gadang

  • Merry berkata:

    Saya berminat beli perhiasan kalung emas koto gadang…
    Dimana alamat penjualnya?

    • safitri ahmad berkata:

      Terima kasih sudah mampir. Di nagari koto gadang yang dijual perhiasan dari perak….dapat mampir ke amai setia atau toko perhiasan perak di koto gadang, yang saya tahu tidak ada yang menjual perhiasan emas. Jika tertarik dengan rancangan perhiasan tersebut, dapat membawa gambarnya serahkan ke toko emas yang ada di Bukittinggi. Penjual toko emas itu berasal dari nagari guguak tinggi dan guguak randah, mereka ahli dalam membuat perhiasan emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>