Foto Pasar Atas Ngarai : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FOTO » Foto Pasar Atas Ngarai

Foto Pasar Atas Ngarai

(731 Views) Juni 17, 2016 12:41 am | Published by | No comment



Pasar ateh ngarai terletak di perempatan Jl. Teuku Nan Renceh, Jl. A Rivai, dan Ateh Ngarai. Pasar ini ada tiap hari Rabu dan Sabtu, merupakan hari pasar Bukittinggi. Pasar buka sejak pukul 6:00-10:WIB. Penjual berasal dari nagari di sekitar Bukittinggi, misalnya lambah, Balingka, Guguak Randah, Guguak Tinggi, dan sianok.

Penjual yang berdagang di pasar ateh ngarai merupakan pedagang babelok (pedagang yang berpindah dari satu pasar ke pasar lain, sesuai hari pasar). Saya pernah menemukan pedagang yang sama berjualan di pasar Birugo. Hari pasar di Birugo setiap hari Selasa dan Jumat. Jenis barang dagangan di setiap pasar hampir sama.  Ada beberapa jenis barang dagangan yang berbeda, misal ikan rinuak dan makanan ringan bulek-bulek, saya tidak temukan di pasar ateh ngarai.

Pada hari biasa (bukan Rabu dan Sabtu), di sepanjang jalan terdapat toko sarapan (Ayang, Nida), toko sembako, toko serba ada, dan warung makanan.  Warung sarapan menjual ; lontong sayur, pecel, bubur sumsum, sop dan nasi, makanan ringan (bakwan, sala lauk, keripik balado, kue basah, serabi).




jalan pasar atas ngarai (pasa ateh ngarai)

Penjual pisang meletakkan dagangannya di atas  terpal. Mereka berdagang di depan toko makanan, seperti penjual pisang yang hanya menggunakan ruang 60 cm x 130 cm. Mereka hanya berjualan 3-4 jam pada hari Rabu dan Sabtu, jumlah barang dagangan tidak banyak, sehingga tidak menganggu pembeli dan pedagang toko makanan.pasar atas ngarai (pasa ateh ngarai), warung sarapan ayang.

 

Warung penjual sarapan, warung ini selalu buka sepanjang hari. Pada pagi hari jenis makanan yang dijual lebih lengkap.

jalan pasar atas ngarai (pasa ateh ngarai), pedagang kaki lima berjualan di sisi kanan-kiri jalan, sampai pukul 10:00 WIB.

 

Jalur jalan di depan rumah dan toko sembako yang digunakan untuk tempat berdagang pada hari Rabu dan Sabtu. Walau sempit, tapi jalur jalan tersebut masih dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan roda empat mengantar pedagang sayur yang berjualan di pasar atas ngarai. Biasa, beberapa pedagang menyewa kendaraan untuk mengangkut barang dagangannya, sehingga lebih murah, mudah, dan menghemat waktu, dibandingkan dengan menggunakan angkutan kota. Jika ada kendaraan yang lewat, pedagang akan mengeser dagangannya.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Foto Pasar Atas Ngarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>