Objek Wisata di Ngarai Sianok Berupa Jalur Jalan Di Tengah Sawah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » Objek Wisata di Ngarai Sianok Berupa Jalur Jalan Di Tengah Sawah

Objek Wisata di Ngarai Sianok Berupa Jalur Jalan Di Tengah Sawah

(412 Views) Oktober 17, 2018 12:28 am | Published by | No comment



September 2018, saya mengajak teman mengunjungi Great Wall Koto Gadang, di sebelah kiri terdapat rumah gadang yang sudah dimodifikasi di tengah sawah dan ada jalur jalan setapak dari beton di depan rumah gadang itu. Saya memperkirakan jalur jalan itu sengaja dibuat untuk akses menuju rumah gadang. Dari bentuknya, rumah gadang itu akan dijadikan rumah peristirahatan. Tahun 2015, saat melalui great wall Koto Gadang, rumah gadang dan jalur setapak itu belum ada.

Tidak berapa lama, jalur jalan setapak yang membelah sawah di tengah sawah itu menjadi viral. Beberapa teman selfie dengan latar belakang sawah dan jalur setapak dari beton yang berkelok-kelok itu. Selain itu lokasi ini menjadi salah satu lokasi untuk video pendek promosi acara wisata Bukittinggi.



jalan di tengah sawah di ngarai sianok.

Saya menelusuri jalur jalan setapak di tengah sawah itu. Jalur itu berakhir di pemukiman penduduk. Tidak ada objek wisata lain yang bisa dinikmati pengunjung. Ada warung tidak permanen yang terbuat dari bamboo di bawah pohon. Kursi dan meja terbuat dari bamboo. Warung itu kosong, saya sempat beristirahat di sana sebentar. Pemilik rumah yang ada di samping warung itu mengatakan, jika ingin ke ngarai bisa melewati jalur ini, katanya sambil menunjukkan arah jalur dari tanah yang terletak di belakang rumahnya. Teman saya sempat melihat jalur itu, menelusurinya kira-kira 20 meter dari rumah terdekat, dan mengatakan, jalur dari tanah itu terjal dan menuju sungai yang ada di ngarai. Kami putuskan untuk tidak melewati jalur itu, karena tidak siap.

Kami pulang melewati jalur yang berbeda. Ada jalur jalan dari beton juga yang menuju jalan besar menuju pasar ateh ngarai. Jalur ini tidak populer bagi wisatawan. Jalur ini digunakan oleh penduduk.

Jalur jalan di tengah sawah ini menarik, karena jalur jalan yang berbelok-belok, sedikit menurun, dan jalur jalan hilang di tengah sawah. Selain latar belakang sawah, di bagian belakang sawah terdapat dinding bukit yang terjal, mengingatkan saya pada suasana di lembah Harau, Payakumbuh.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

Categorised in:

No comment for Objek Wisata di Ngarai Sianok Berupa Jalur Jalan Di Tengah Sawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>