Minang Geopark Run Ajang Promosi Wisata Melalui Lomba Lari : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Minang Geopark Run Ajang Promosi Wisata Melalui Lomba Lari » Minang Geopark Run Ajang Promosi Wisata Melalui Lomba Lari

Minang Geopark Run Ajang Promosi Wisata Melalui Lomba Lari

(125 Views) Desember 19, 2018 12:18 am | Published by | No comment



Saya mendapatkan informasi tentang Minang Geopark Run yang diselenggarakan bulan Oktober 2018, melalui facebook. Peserta lomba lari akan menyusuri wilayah geopark yang ada di Sumatera Barat. Ada 9 wilayah yaitu ; Ngarai Sianok, Lembah Harau, Danau Maninjau, Kars Tarusan Kamang, Danau Singkarak, Bekas Tambang Sawahlunto, Danau Kembar, Batu Kapal Solok Selatan, Silokek, dan Mentawai.

Dari Sembilan wilayah tersebut saya mengenal betul kondisi ngarai sianok, karena pernah bermukim di Bukittinggi. Waktu SMA, belum ada mall di Bukittinggi, kami jalan-jalannya ke ngarai sianok, menyusuri jalan setapak, naik-turun, dan dilakukan berjalan kaki.

Lembah harau merupakan kawasan yang seakan-akan terisolir dari lingkungan di sekitarnya. Kawasan persawahan ini dilingkupi dengan tebing-tebing tinggi, sepi, hening, dan pemandangannya sangat bagus. Karakter kawasannya berbeda dengan ngarai sianok yang relative berkontur (berbukit, sungai, lembah). Lembah harau pada area tertentu datar, sehingga jarak pandang menjadi luas dan jauh.
Danau Singkarak terkenal dengan Tour de Singkarak, ajang balap sepeda yang dilaksanakan setiap tahun. Kawasan Danau Singkarak lebih baik dinikmati dengan bersepeda atau dengan kendaraan, karena kawasan danau yang sangat luas.



jalan di tengah sawah di ngarai sianok.

Ngarai Sianok dan Lembah Harau lebih baik dinikmati dengan berjalan kaki dan berlari, karena kondisi tapak dan area jangkauan yang tidak luas, tapi mempunyai pemandangan yang berbeda-beda.
Danau Maninjau mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dari puncak lawang kita dapat menikmati pemandangan danau Maninjau. Kawasan ini tidak luas, dapat dinikmati dengan bersepeda dan berjalan kaki. Di sisi kanan terbentang sawah yang cenderung datar, sedangkan di sisi lain Danau Maninjau.
Saya pernah ke Danau Kembar (biasa disebut Danau Diatas Danau Dibawah), di Solok. Kawasan ini dingin dan terletak di dataran tinggi. Banyak perkebunan di kawasan ini, dan dapat dinikmati dengan bersepeda atau berjalan kaki.

Ajang Minang Geopark Run, merupakan salah satu cara mempromosikan tujuan wisata yang ada di Sumatera Barat, selain Tour de Singkarak. Setiap kawasan mempunyai karakter yang unik.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Minang Geopark Run Ajang Promosi Wisata Melalui Lomba Lari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>