Macam-Macam Kampia dan Fungsi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Macam-Macam Kampia dan Fungsi » Macam-Macam Kampia dan Fungsi

Macam-Macam Kampia dan Fungsi

(326 Views) Februari 9, 2018 4:37 am | Published by | No comment



Di Museum Adityawarman, Padang, saya menemukan bermacam-macam kampia. Kampia adalah tas Minang yang terbuat dari daun pandan. Di Bukittinggi, kandang-kadang ada penjual kampia yang menjajakan kampia, dari satu hotel ke hotel lain (pangsa pasar wisatawan). Di pasar bawah, ada toko yang menjual kampia, karena kampia masih digunakan oleh ibu-ibu untuk membawa beras pada acara adat.

Penjual keliling hanya menjual tiga jenis kampia. 1) kampia berbentuk segi empat yang mempunyai tutup, digunakan untuk membawa beras. 2) kampia kecil dengan bentuk yang unik, bagian tutup dan bagian bawahnya berbentuk kaki, ada 5 kaki yang masing-masing berbentuk piramid kecil. 3) kampia ukuran besar yang terbuka di bagian atasnya (tidak ada penutup). Semua kampia berwarna-warni. Sebagian kampia terbuat dari daun pandan, sedangkan yang lain menggunakan plastik yang dianyam. Anyaman plastik terlihat lebih mengilat dibandingkan anyaman daun pandan.




Kampia di Museum Adityawarman, Padang, semua terbuat dari pandan dan berwarna coklat muda, menunjukkan bahwa kampia tidak diberi pewarna. Hanya ada 1-2 jenis kampia yang mempunyai warna, sebagai hiasan. Ada kampia yang terbuat dari rotan.

Kampia yang dipamerkan di museum itu, di bagian depannya ada penjelasan/keterangan fungsi kampia, tapi sebagian kampia tidak mempunyai keterangan. Kampia berbentuk persegi empat dan tipis, pada keterangannya tertulis kampia untuk menyimpan daun sirih. Kampia untuk membawa beras (kampia berbentuk segi empat dan ada penutup). Kampia untuk membawa sayur atau barang-barang yang besar, berupa kampia yang besar dan tidak ada tutup. Kampia untuk membawa barang-barang yang kecil, berupa kampia yang mempunyai penutup dan kaki berbentuk piramid kecil-kecil. Masih banyak kampia yang dipamerkan, tapi tidak dijelaskan fungsinya. Semua kampia ada tali yang cukup panjang, yang berfungsi untuk membawa kampia dengan cara disandang di bahu (seperti tas pada umumnya).

Bentuk anyaman kampia tidak hanya berupa anyaman silang, tapi ada berbagai bentuk anyaman. Kampia dengan ukuran kecil lebih beragam dan unik (bentuk kampia dan anyaman). Ini menunjukkan kampia tersebut digunakan oleh wanita untuk acara-acara tertentu, atau untuk membawa barang-barang berharga.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Macam-Macam Kampia dan Fungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>