Kronologis Pembangunan Istana Si Linduang Bulan Pagaruyung : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » sejarah » Kronologis Pembangunan Istana Si Linduang Bulan Pagaruyung » Kronologis Pembangunan Istana Si Linduang Bulan Pagaruyung

Kronologis Pembangunan Istana Si Linduang Bulan Pagaruyung

(591 Views) Maret 22, 2017 3:01 pm | Published by | No comment



Rumah Gadang Tuan Gadih istano Si Linduang Bulan terletak di Pagaruyung kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Istana ini merupakan harta pusaka dari Keluarga Besar Ahli Waris Daulat Yang Dipertuan Raya Pagaruyung.

istana si linduang bulan Batusangkar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada abad ke 16 istana ini berfungsi sebagai kedudukan resmi Raja Alam Pagaruyung (tempat kedudukan Raja Adat). Pada saat itu, Islam belum masuk ke ranah Minang.

Tahun 1550, istana dipindahkan dari Ulak Tanjuang Bungo Ke Balai Janggo oleh Daulat Yang Dipertuan Raja Gamuyang Sultan Bakilap Alam (Sultan Alif Kalifatullah Johan Berdaulat Fil’ Alam I) -Raja Alam dan Raja Adat Pagaruyung-. Pada tahun ini, istana diberi nama Si Linduang Bulan.

Tahun 1750, Istano Si Linduang Bulan dibangun kembali, karena istana lama telah rapuh, tua, dan runtuh.

Tahun 1821 Istana dibakar oleh pasukan Padri, pada saat perang Padri.

Tahun 1869, istana dibangun lagi oleh Yang Dipertuan Gadih Puti Reno Sumpu. Puti Reno anak Sultan Abdul Jalil Yang Dipertuan Sembahyang (Raja Adat, Raja Ibadat dan Raja Alam)-setelah masuk Islam ke ranah Minang-, yang diangkat, setelah Sultan Tangkal Syariful Alam Bagagar Syah Yang Dipertuan Hitam di buang Belanda ke Betawi. Raja Sultan Tangkal, paman dari Puti Reno.




Tanggal 3 Agustus 1961, Istano Si Linduang Bulan terbakar lagi.
Tahun 1987 istano Si Linduang Bulang dibangun kembali dan diresmikan pada tahun 1989. Istana didirikan pada lahan semula, lahan istana yang terbakar tahun 1961.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kronologis Pembangunan Istana Si Linduang Bulan Pagaruyung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>