Keris Minang, Keris Orang Minangkabau : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Keris Orang Minangkabau » Keris Minang, Keris Orang Minangkabau

Keris Minang, Keris Orang Minangkabau

(2260 Views) April 1, 2016 10:50 am | Published by | No comment



Saya pertama kali melihat keris Minang di Aie Angek Cottage. Penginapan dan restoran milik Fadlizon di daerah Padang Panjang. Saudara sepupu menunjukkan koleksi keris orang Minang itu di salah satu sudut ruangan, di dalam kaca. Apakah orang Minang mempunyai senjata keris? Saya kira keris hanya berasal dari Jawa. Ia memberitahu perbedaan antara keris orang Minang dengan orang Jawa. Ganggang (pegangan) keris orang Minang menghadap ke depan (tegak lurus dengan perut), sedangkan ganggang (pegangan) keris orang Jawa menghadap ke samping. Kenapa ganggang berbeda? Karena orang Minang meletakkan keris itu di perut, diselipkan antara baju dan cawek pinggang di depan perut. Bila diperlukan, dengan cepat ganggang dicabut. Sedangkan, orang Jawa meletakkan keris di belakang punggung.

keris minangkabau koleksi museum adityawarman.

Foto Keris koleksi Museum Adityawarman, Padang.

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk lekukan pada badan keris orang Minang, sama dengan lekukan keris orang Jawa. Namun, ada yang tidak berlekuk, datar seperti belati. Saya tidak dapat mendokumentasikan keris tersebut, karena ada larangan memotret koleksi yang ada di sana. Bagian sarung menyempit di bagian atas dekat ujung, dan terdapat ukiran di bagian sarung keris

Keris menjadi bagian penting dalam kehidupan orang Minang, sehingga menjadi bagian dalam acara adat. Penobatan penghulu (batagak penghulu) datuak yang baru, diselipkan keris pusako yang berasal dari keturunan ibu. Keris diserahkan pada saat upacara penobatan, yang menandakan pengangkatan datuak. Pada pernikahan adat Minang, pengantin pria menyelipkan keris di bagian perut. Keris pada acara pernikahan hanya simbol semata, bukan keris asli.



Pada web gosumbar.com, saya membaca berita tentang Fadlizon yang meluncurkan buku Keris Minangkabau. Fadlizon dan seorang penulis ahli tentang keris, menulis buku tersebut. Keris atau dalam bahasa Minang disebut dengan karieh atau kreh. Sekarang keris yang asli, sedikit dan berada di tangan kolektor. Sedangkan keris yang sederhana digunakan untuk pertunjukan silat. Keris yang terdapat di Minang berasal dari Jawa, sejak Mataram Hindu di Jawa dan masa Sriwijaya. Keris Minang mempunyai corak dan identitas budaya Minang Tradisi pembuatan keris di Minangkabau diperkirakan dengan cara ; 1) Mpu dari Jawa atau Bugis hijrah ke Minangkabau. 2) Mpu orang Minangkabau belajar keris ke Jawa atau Bugis, 3) Mpu orang Minang yang secara turun temurun membuat keris dari leluhur



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Keris Minang, Keris Orang Minangkabau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>