Kerajaan Minang Tidak Hanya Pagaruyuang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Kerajaan Minang Tidak Hanya Pagaruyuang » Kerajaan Minang Tidak Hanya Pagaruyuang

Kerajaan Minang Tidak Hanya Pagaruyuang

(614 Views) Mei 7, 2018 4:17 am | Published by | No comment



Selama ini yang kita kenal kerajaan Minang hanya Pagaruyuang, ternyata banyak kerajaan Minang, selain Pagaruyuang. Semua kerajaan Minang dapat ditemui di museum Adityawarman, Padang. Di dalam satu bangunan di bagian belakang (bukan bangunan rumah gadang), terdapat informasi tentang kerajaan Minang.

Kerajaan Minang yang terbesar , Kerajaan Pagaruyuang yang terletak di Tanah Datar, selain itu terdapat kerajaan Minang kecil-kecil yag menyebar di seluruh Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Kerajaan Minang itu antara lain ; Kerajaan Dhamasraya, Kerajaan Buo, Kerajaan Sumpur Kudus, Kerajaan Jambu Lipo, Kerajaan Pulau Punjung, Kerajaan Padang Laweh, Kerajaan Siguntur, Kerajaan Inderapura, Kerajaan Parit Batu, dan Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.



Baju Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.

Dalam setiap lemari pajang, ditampilkan baju yang digunakan raja dan ratu lengkap dengan penutup kepala dan asesoris pakaian, symbol kerajaan, senjata tajam berupa keris dan tombak, alat musik, carano, foto kerajaan (berupa rumah gadang), dan sejarah singkat serta silsilah raja-raja dari kerajaan masing-masing. Beberapa silsilah raja-raja dari kerajaan itu sangat lengkap.

Dari jenis pakaian dan peralatan kerajaan, tergambar perkembangan kerajaan tersebut. Warna baju raja didominasi warna gelap. Walau ada beberapa baju kerajaan yang berwarna terang, misal kuning muda. Ada baju yang berbentuk jas dengan kemeja putih, kain sarung, dan celana khas Minang. Sebagian menggunakan tongkat, seperti tongkat datuak.

Baju Kerajaan Inderapura.

Bangunan kerajaan menggunakan atap baganjong, dengan menggunakan seng (tidak menggunakan atap dari daun rumbia). Arsitektur rumah gadang Kerajaan Pagaruyuang lebih besar dibandingkan dengan rumah gadang kerajaan yang lain. Rumah gadang Kerajaan Pagaruyuang tiga lantai, sedangkan rumah gadang kerajaan yang lain rata-rata hanya 1 lantai.

Dari ketiga Museum yang saya kunjungi (Museum Pagaruyuang, Museum Bustanul Arifin di Padang Panjang, dan Museum di kebun binatang Bukittinggi), Museum Adityawarman, merupakan museum yang memamerkan koleksi tentang Minang yang sangat lengkap. Gempa yang terjadi di Sumatera Barat juga terdapat di dalam museum ini.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kerajaan Minang Tidak Hanya Pagaruyuang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>