Kawasan Belakang Balok, Pusat Pemerintahan Kota Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » sejarah » Kawasan Belakang Balok Pusat Pemerintahan Kota Bukittinggi » Kawasan Belakang Balok, Pusat Pemerintahan Kota Bukittinggi

Kawasan Belakang Balok, Pusat Pemerintahan Kota Bukittinggi

(2246 Views) Februari 21, 2015 9:04 pm | Published by | 2 Comments



Kawasan Belakang Balok berkembang menjadi kawasan perkantoran dan perumahan. Ini berbeda dengan kawasan pasar atas yang berkembang menjadi pusat bisnis. Pada masa pemerintahan Belanda, tahun 1861, Belanda memindahkan kompleks militer dari area sekitar Benteng Ford de Kock, ke area yang lebih luas dengan topografi yang datar, sekarang, kawasan belakang balok (Jl. Sudirman).Rumah dinas Tentara di Bukittinggi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Belanda membangun kantor, lapangan, asrama prajurit, rumah sakit, gedung sekolah, dan gudang. Pada masa Jepang, didirikan Sekolah Militer Gyu Gun. Pada masa kemerdekaan, digunakan untuk sekolah kadet.
Pada masa kemerdekaan, pemerintah Bukittinggi membutuhkan sarana dan prasana, untuk pembangunan kota. Awalnya, kantor pemerintahan ada di pasar atas, di dekat kebun binatang, setelah itu pindah ke belakang balok. Karena, keterbatasan lahan di belakang balok dibangun kantor walikota yang baru di gulai bancah. Akan tetapi, kantor penunjang pemerintah Bukittinggi, sebagian masih ada di belakang balok, misalnya kantor unit kesehatan, dan kantor urusan agama.

Pegawai pemerintahan membutuhkan perumahan, maka dibangun perumahan untuk pegawai di antaranya : rumah dinas walikota Bukittinggi, rumah dinas bupati agam (dulu kantor Bupati agam terletak di belakang jam gadang, sebelum pindah ke lubuak basuang), rumah pegawai PLN, rumah pegawai BRI, dan ada rumah anggota DPR. Prasarana dan sarana yang dibangun pada masa Belanda (rumah sakit dan perumahan untuk tentara masih ada, digunakan oleh TNI).




Akademi kebidanan dan sebagian kampus pendidikan untuk kota Bukittinggi, diletakkan di belakang balok, yang pusat pendidikan di Padang, (jadi ada kampus yang terdapat di Bukittinggi). Mahasiswa berasal dari daerah yang ada di Sumatera Barat, misalnya Solok, Pariaman, Payakumbuh, mereka dapat memilih, belajar di kampus yang ada di Bukittinggi, atau di Padang, misalnya Akademi Kebidanan.

Etnis warga Bukittinggi yang bermukim di belakang balok, lebih beragam, sebagian di antara mereka hanya bermukim sementara di Bukittinggi, karena ditugaskan oleh instansi tempat mereka berkerja, sebagian karena belajar/sekolah di Bukittinggi. Sebagian lain, warga Bukittinggi yang membeli rumah, dan menetap di sana.

Kawasan belakang balok tidak dapat dikembangkan lagi menjadi kawasan perkantoran atau perumahan karena lahan yang terbatas. Ada ngarai sianok di sisi belakang perumahan, dari belakang balok menuju ngarai sianok, terdapat jalan pintas.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Kawasan Belakang Balok, Pusat Pemerintahan Kota Bukittinggi

  • Agung latalino berkata:

    Saya anak yg mencari ayah kandung y, saya los kontak dengan ayah saya yg saya tahu saya punya mak uo yg tinggal di belakang balok klo gk salah perumahan PLN, nama ayahh saya suwirman tanjung, saya pernah diajak ktmpt tinggal y di surau gadang. Nama saya agung latalino org tua saya bercerai sejak saya SD. Jika tmn2 ada yg kenal sama ayah saya bisa hub saya ke no ini 08568124183 dan ada WA y juga. Sebelumnya terimakasih

    • safitri ahmad berkata:

      Terima kasih Agung, sudah mampir, Agung coba gabung di grup facebook kaba Bukittinggi, sampaikan masalah agung di grup tersebut, mungkin ada member grup yang bisa membantu. Semoga segera bertemu dengan ayahnya ya. salam. fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>