Karupuak Jangek Dari Kulit Sapi, Kulit Kerbau, dan Bagian Perut Sapi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Karupuak Jangek Dari Kulit Sapi Kulit Kerbau dan Bagian Perut Sapi » Karupuak Jangek Dari Kulit Sapi, Kulit Kerbau, dan Bagian Perut Sapi

Karupuak Jangek Dari Kulit Sapi, Kulit Kerbau, dan Bagian Perut Sapi

(412 Views) Juli 1, 2018 1:42 am | Published by | No comment



Pada saat jamgadang04.com masih berjualan karupuak jangek (kerupuk kulit), ada pembaca yang memesan karupuak jangek dari kulit kerbau. Saya tidak mengetahui bahwa ada karupuak jangek dari kulit kerbau dan tidak bisa membedakan karupuak jangek dari kulit sapi dan kulit kerbau. Pada saat pulang ke Bukittinggi, saya bertanya pada penjual karupuak jangek yang berjualan di belakang pasar atas , apakah mereka menjual karupuak jangek dari kulit kerbau? Ternyata ada. Bapak penjual itu memberikan contoh karupuak jangek yang terbuat dari kulit kerbau dan membandingkan dengan karupuak jangek yang terbuat dari kulit sapi.



kerupuk jangek kulit sapi dan kulit kerbau.

Karupuak jangek yang terbuat dari kulit sapi lebih bersih, ringan, dan warnanya tidak terlalu coklat, sedangkan karupuak jangek dari kulit kerbau berwarna lebih coklat, tebal, dan agak berat. Selain, karupuak jangek dari kulit sapi dan kulit kerbau, ada karupuak jangek dari perut sapi. Karupuak jangek dari perut sapi berbentuk tidak beraturan, tidak seperti karupuak jangek dari kulit sapi dan kulit kerbau yang berbentuk kotak-kotak kecil dan dan kotak-kotak besar (bentuknya teratur). Warna karupuak jangek dari bagian perut sapi, sebagian berwarna coklat tua sedangkan bagian yang lain coklat muda.

Karupuak jangek dari bagian perut sapi ini tidak sebanyak karupuak dari kulit sapi. Sebagian karupuak jangek dari bagian perut ini dapat ditemukan di pasar bawah Bukittinggi. Rasanya lebih ringan dan lunak dibandingkan dengan karupuak jangek dari kulit sapi. Selain itu, ada beberapa bagian yang lebih garing.



kerupuk jangek dari bagian perut sapi.

Cara mengoreng karupuak jangek dari sapi dan karupuak jangek dari bagian perut berbeda. Jika karupuak jangek dari kulit sapi digoreng dengan minyak panas dan disiram-siramkan agar karupuak mengembang, setelah mengembang sempurna diaduk di dalam kuali beberapa saat, karupuak matang sempurna. Kalau karupuak jangek dari perut sapi, tidak mengembang atau ada sebagian karupuak yang mengembang sebagian tidak, tunggu beberapa saat, karupuak matang, karena karupuak jangek dari perut sebelum dijual sudah digoreng.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Karupuak Jangek Dari Kulit Sapi, Kulit Kerbau, dan Bagian Perut Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>