Kantor Walikota Bukittinggi Baru di Bukit Gulai Bancah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » arsitektur » arsitektur publik » Kantor Walikota Bukittinggi Baru di Bukit Gulai Bancah » Kantor Walikota Bukittinggi Baru di Bukit Gulai Bancah

Kantor Walikota Bukittinggi Baru di Bukit Gulai Bancah

(1505 Views) Agustus 22, 2017 8:11 am | Published by | No comment



Saya ingin mengunjungi perpustakaan Bung Hatta yang baru di Gulai Bancah, karena ingin mencari referensi tentang Minangkabau, untuk bahan tulisan di web jamgadang04.com. Ternyata perpustakaan Bung Hatta terletak di sebuah bukit, dan pada bukit itu (bukit gulai bancah) terdapat Kantor Walikota Bukittinggi yang baru, Kantor Pengadilan Agama, dan kantor Majelis Ulama Indonesia Bukittinggi.

Jalur jalan kendaraan mengelilingi bukit, jalur jalan ke kiri langsung menuju kantor walikota Bukittinggi, sedangkan jalur jalan ke arah kanan menuju kantor MUI Bukittinggi dan perpustakaan Bung Hatta.

Dulu kantor walikota Bukittinggi terletak di kawasan Belakang Balok, dekat dengan Jl. Sudirman Bukittinggi, jalur jalan utama kota. Di kawasan belakang balok terdapat hampir semua kantor dan kantor pemerintah daerah Bukittinggi, termasuk rumah dinas pegawai. Rumah dinas walikota Bukittinggi terletak di belakang balok.

Kebutuhan pelayanan masyarakat semakin meningkat, sedangkan lahan di belakang balok terbatas, menyebabkan sebagian kantor pemerintahan dipindahkan ke bukit gulai bancah, termasuk kantor walikota Bukittinggi.

Kantor walikota Bukittinggi sangat representatif, kantor menghadap ke pusat kota Bukittinggi (jam gadang). Dari jembatan Limpapeh (jembatan yang menghubungkan kebun binatang dan Benteng Ford de Kock) terlihat jelas kantor walikota Bukittinggi yang terletak di atas bukit.




kantor walikota bukittinggi.

Rancangan arsitektur kantor walikota Bukittinggi modern, dinding menggunakan kaca dengan atap bagonjong dan ukiran khas Minang. Bangunan terdiri dari 3 masa bangunan (3 atap) yang saling berhubungan, sehingga terdapat dua atap bagonjong dengan jumlah yang sama (6 gonjong) dan dua atap bagonjong yang menutup bangunan yang terletak di bagian tengah. Atap bangonjong yang di bagian tengah (bagian ujung) menjadi atap drop off (tempat penumpang turun untuk menuju bangunan). Masa bangunan yang terletak di kanan menghadap ke arah Bukittinggi, sedangkan masa bangunan yang lain menghadap ke arah perpustakaan bung hatta. Walau menyerupai rumah gadang, tapi arah gonjong tidak ke arah depan (pintu masuk bangunan, seperti rumah gadang), tapi atap gonjong menghadap ke samping. Halaman parkir kantor walikota sangat luas. Di bagian depan terdapat pos jaga yang menggunakan atap piramid, seperti atap surau khas minang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Kantor Walikota Bukittinggi Baru di Bukit Gulai Bancah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>