Jenis -Jenis Dendeng Balado : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » 5Jenis -Jenis Dendeng Balado » Jenis -Jenis Dendeng Balado

Jenis -Jenis Dendeng Balado

(2543 Views) Agustus 5, 2015 10:56 pm | Published by | No comment



Dendeng daging adalah daging yang ditipiskan, dikeringkan, dan digoreng. Cara penyajiannya dengan menambahkan cabe di atasnya, cabe yang digiling secara kasar, cabe hijau atau cabe merah.

Dendeng paru, dendeng yang berasal dari paru sapi, cara pengerjaannya berbeda dengan dendeng daging, karena dendeng paru lebih basah. Dendeng paru dapat berupa dendeng goreng (tidak ditambahkan cabe/balado) karena mudah layu, atau rendang dendeng paru, berupa potongan kecil paru goreng dengan bumbu rendang.

Ada beberapa jenis dendeng daging

1) Dendeng kering balado, dendeng kering yang tersedia di pasar. Daging diiris tipis dan dikeringkan dengan sinar matahari, sehingga menjadi lembaran daging tipis dan kering. Penjual dendeng kering di belakang pasar atas, tempat penjual oleh-oleh Bukittinggi. Dendeng kering dijual perkilo, dan tahan cukup lama. Cara penyajiannya mudah. Ada dua cara : 1) Potong dendeng kering, segera digoreng. 2) potong dendeng kering, rendam di dalam air kira-kira 10 menit, kemudian goreng. Perbedaannya : rasa dendeng kering yang direndam dalam air sebelum digoreng, terasa lebih renyah. Pastikan, dendeng digoreng sempurna. Tambahkan gorengan cabe merah dan bawang merah yang digiling kasar di atas dendeng.




Dendeng kering Bukittinggi

2) Dendeng batokok dan digoreng kering. Cara pembuatannya : daging diiris tipis, direbus, setelah itu ditokok (dipukul) menjadi agak tipis. Hati-hati memukul daging, jangan sampai dagingnya putus, tambahkan perasan jeruk nipis sedikit. Lalu, goreng sampai kering. Hati-hati gosong. Taburkan bawang goreng yang banyak di atas dendeng, tidak perlu menggunakan cabe/sambalado.

3) Dendeng lambok : cara pembuatannya hampir sama dengan dendeng batokok, tetapi hanya digoreng sebentar, sehingga daging lembab, tidak garing. Cara penyajiannya dengan sambal cabe hijau.

4) Dendeng batokok dan di bakar. Dendeng ini saya temukan di rumah makan Lado Mudo di Tanah Abang, Jakarta. Daging diiris tipis, direbus, dan dibakar, disajikan dengan sambal cabe hijau.

5) Dendeng baracik : berupa irisan tebal daging sapi, dilumuri bumbu dendeng, kemudian dilayukan dalam suhu yang panas (daging tidak diiris tipis dan dijemur sinar matahari). Setelah dilayukan, daging diiris tipis, dan digoreng, tidak sampai kering. Lalu disiram dengan cabe merah, bawang merah, jeruk nipis, dan cuka.

Dendeng yang sering ditemukan di rumah makan di Bukittinggi, dendeng kering balado, dan dendeng batokok digoreng kering. Beberapa rumah makan menyediakan dendeng lambok.

dendeng balado basah lado merah



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jenis -Jenis Dendeng Balado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>