Jembatan Limpapeh Penghubung Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Jembatan Limpapeh Penghubung Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang » Jembatan Limpapeh Penghubung Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang

Jembatan Limpapeh Penghubung Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang

(371 Views) Juni 17, 2017 1:41 am | Published by | No comment



Jembatan limpapeh merupakan jembatan yang menghubungkan Benteng Ford de Kock dan Kebun Binatang, sehingga, pengunjung Benteng Ford De Kock dapat langsung ke Kebun Binatang tanpa perlu memutar (melewati jam gadang atau melalui Jl.Teuku Umar -kampung cina-). Mei 2017, saya pertama kali melewati Jembatan Limpapeh. Jembatan ini didirkan sejak tahun 1995. Jembatan Limpapeh tepat berada di atas Jl. A Yani (kawasan Kampung Cina).

Apa dampak dari jembatan limpapeh? Bagi pengunjung, mereka cukup satu kali membayar retribusi untuk dapat menikmati dua objek wisata (Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang). Mereka bisa masuk dari Benteng atau dari kebun binatang. Akan tetapi, akses pengunjung paling banyak dari kebun binatang, karena dekat pasar atas dan di sekitar kebun binatang banyak area parkir. Selain itu, kebun binatang mempunyai banyak aktraksi.

Lahan kebun binatang yang terbatas menyebabkan sebagian koleksi binatang dipindahkan ke benteng, misal Burung dan kuda. Suasana benteng yang asri, sepi, dan sejuk berubah menjadi lebih penuh dengan koleksi binatang, dan kandang binatang yang menyebar di dalam area benteng. Saya melihat dua ekor kuda sedang merumput di dekat pelataran bangunan air.




Jembatan mempunyai panjang 90 meter dengan lebar 3.8 meter di bagian tengah (bangunan), sedangkan jalur pejalan kaki kira-kira mempunyai lebar 2 meter, karena kanan kiri digunakan untuk konstruksi jembatan dengan kawat-kawat baja yang memegangi batang jembatan. Tinggi pagar jembatan (di area pejalan kaki) kira-kira 1.5 meter, sedangkan dibagian tengah (bangunan tempat melihat pemandangan kota) lebih tinggi. Bangunan jembatan di bagian tengah seperti rumah gadang, mempunyai dinding berukir dan atap gonjong. Dari Jl. A. Yani, seakan-akan jembatan di bagian tengah terdiri dari 3 tingkat.

jembatan limpapeh bukittinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari bagian tengah jembatan pengunjung dapat melihat kantor walikota Bukittinggi yang baru (rumah gadang dengan atap gonjong) yang terletak di atas bukit di daerah gulai bancah. Sedangkan pemandangan sebelah kanan mengarah ke tengah kota Bukittinggi, jam gadang.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jembatan Limpapeh Penghubung Benteng Ford De Kock dan Kebun Binatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>