Jalan Alternatif Ke Bukittinggi Dari Arah Padang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » Jalan Alternatif Ke Bukittinggi Dari Arah Padang » Jalan Alternatif Ke Bukittinggi Dari Arah Padang

Jalan Alternatif Ke Bukittinggi Dari Arah Padang

(75 Views) Januari 25, 2019 4:13 am | Published by | No comment



Dalam perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, dari Bukittinggi ke Bandara International Minangkabau, saya pernah melalui beberapa jalur alternative. Menurut sopir travel yang saya tumpangi, ada beberapa jalur alternative melewati rumah penduduk atau sawah yang tidak semua sopir mengetahui jalur itu. Jalur itu hanya dilalui jika terjadi macet yang sangat parah di titik-titik tertentu, sedangkan penumpang harus sampai di bandara atau di Bukittinggi dengan segera.

Pada saat terjadi macet di daerah Padang Panjang, sopir membelokkan kendaraan ke arah jalur persawahan (kalau tidak salah pemandian mato kuciang), jalur ini hanya dapat dilalui oleh satu mobil, jalannya bergelombang, dan jika ada mobil dari arah depan, harus gantian menggunakan jalur jalan. Tapi pemandangan di jalur ini sangat bagus, membelah sawah dan kebun penduduk, dan pemandangan gunung Singgalang.

Jalur jalan yang biasa dilalui dari arah Padang ke Bukittinggi, melalui Kayu Tanam-Lembah Anai-Padang Panjang-Koto Baru-Bukittinggi. Akan tetapi, jika di jalur ini terjadi kecelakaan atau longsor, menimbulkan macet yang sangat panjang, bisa berjam-jam. Desember 2018, jembatan yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi ambruk, dan terjadi longsor Bukit Tambun Tulang Malibou Anai Nagari Guguak, Kayu Tanam, sehingga untuk beberapa hari jalur ini tidak dapat dilalui.




jalur tour the singkarak

Jalur Padang-Bukittinggi melalui Lembah Anai merupakan jalur padat, antara lain ; jalur pariwisata ke Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, dan 50 Kota dan jalur distribusi dan logistik pangan. Jalur ini juga menjadi penghubung provisi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Jalur ini tetap menjadi pilihan oleh pengendara karena pemadangan di sekitarnya yang bagus, banyak fasilitas (rumah makan, mushalla, pom bensin), dan jarak yang lebih dekat dibandingkan dengan jalur alternative lain.

Pengendara dapat melalui jalur alternative, untuk menuju Bukittinggi dari arah Padang, yaitu ;
1 ) melalui Malalak, Kabupaten Agam
2 ) melalui Tiku, Padang Pariaman.

Jalur dari Bukittinggi melalui Malalak ke Padang lebih pendek jaraknya, dibandingkan jarak dari Bukittinggi melalui Tiku, Padang Pariaman. Jalur alternative ini terpaksa dilalui oleh pengendara jika jalur yang melalui Lembah Anai tidak dapat dilalui.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Jalan Alternatif Ke Bukittinggi Dari Arah Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>