Istana Bung Hatta : Tempat Kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » Tujuan wisata » istana bung hatta » Istana Bung Hatta : Tempat Kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta

Istana Bung Hatta : Tempat Kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta

(739 Views) Januari 21, 2015 9:56 am | Published by | No comment



Wisatawan yang pertama kali ke Bukittinggi, di belakang jam gadang terdapat papan nama dengan tulisan besar : Istana Bung Hatta, dari luar tidak terlihat bentuk bangunan. Jadi pengunjung tidak bisa melihat istana Bung Hatta itu. Itu bukan istana, seperti gambaran istana Yogyakarta, tempat raja bermukim.
Bangunan di belakang papan nama besar itu, tempat kedudukan (tempat berkantor dan bermukim, Juni 1947 -Februari 1948- 8 bulan-) Bung Hatta, yang saat itu menjabat sebagai wakil Presiden Republik Indonesia. Rumah Kelahiran Bung Hatta, tempat Bung Hatta lahir dan tumbuh sampai remaja terletak di Jl. Soekarno Hatta.

Tahun 1958, nama bangunan itu Gedung Tri Arga, tiga gunung, yaitu Gunung Singgalang, Gunung Merapi, dan Gunung Sago, yang diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat pertama, Kaharudin Datuk Rangkayo Basar, setelah merenovasi gedung, karena bangunan asli dibumihanguskan sewaktu Agresi II Militer Belanda.

Pada masa Belanda, gedung ini kantor, Residen Padangse Bovenlanden dan Asisten Residen Agam.

Tahun 2000-an nama gedung itu berganti menjadi Istana Bung Hatta, dan di depan gedung terdapat patung, setengah badan Bung Hatta.

Di samping kompleks gedung, terdapat taman Bung Hatta. Pada taman itu terdapat patung Bung Hatta setinggi 3 meter, seluruh badan, sedang melambaikan tangan. Patung tidak menarik perhatian warga atau wisatawan, yang lalu lalang di jalur pejalan kaki yang menuju, atau dari arah jam gadang. Peletakan patung tidak strategis pada titik yang dapat menarik perhatian warga dan wisatawan, walaupun berukuran besar.

Taman itu dipagar. Dulu, taman itu, merupakan punggung bukit, saya sering berjalan mendaki dan menuruni bukit itu, tidak menggunakan jalur pejalan kaki.

Selain istana bung hatta, rumah tempat kelahiran bung hatta, ada perpustakaan Bung Hatta yang dikelola oleh pemerintah Daerah. Dulu, perpustakaan itu terletak di dekat Rumah Sakit Achmad Muchtar, saya sering membaca buku di perpustakaan itu, letaknya strategis di tengah kota, sekarang perpustakaan Bung Hatta pindah ke Jl. Kusuma Bakti, Gulai Bancah, Bukittinggi.

Artikel Terkait

1. Surau Inyiak Djambek Tempat Bung Hatta Belajar Mengaji
2. Perpustakaan Bung Hatta Baru di Gulai Bancah
3. Mohammad Hatta dan Bukittinggi
4. Denah Arsitektur Rumah Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi
5. Rumah Kelahiran Bung Hatta



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Istana Bung Hatta : Tempat Kedudukan Wakil Presiden Mohammad Hatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>