Info Kuliner : Penjual Tepung Beras di Pasar Bawah : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info Kuliner : Penjual Tepung Beras di Pasar Bawah » Info Kuliner : Penjual Tepung Beras di Pasar Bawah

Info Kuliner : Penjual Tepung Beras di Pasar Bawah

(574 Views) Juli 27, 2017 9:43 am | Published by | No comment



Dulu, kami punya alu dan lesung. Alu seperti tongkat berbentuk bulat untuk menumbuk beras menjadi tepung. Sedangkan lesung, wadah berupa kayu atau batu untuk meletakkan beras untuk ditumbuk. Jika membutuhkan tepung beras dan tepung ketan untuk kue dan masakan lain, maka ditumbuk terlebih dahulu.

Bulan April 2017, saya ingin sekali membuat lapek (lepat) abuak dari tepung beras. Etek (tante) membeli tepung beras di pasar bawah. Setelah lapek matang, saya merasa lapek tidak seenak biasa. Menurut etek, tepung beras tidak sempurna. Tepung yang baru dan segar menentukan kualitas lapek (lepat).

Pembeli lebih suka membeli tepung beras dan tepung ketan untuk membuat lapek (lepat), karena lebih praktis dan cepat. Sudah jarang yang menumbuk beras menggunakan alu dan lesung, sebagian alat tersebut sudah tidak dimiliki oleh keluarga Minang. Jika ada, sudah tidak digunakan.

Kebutuhan tepung beras dan tepung ketan yang paling sering digunakan pada saat pesta (baralek) dan pesta pengukuhan datuak (baralek datuak), karena pada saat ini harus tersedia makanan adat yang terbuat dari tepung beras dan tepung ketan, misal pinyaram, inti (bulek-bulek), dan lapek (lepat). Bagaimana dengan tepung beras dan tepung ketan kemasan (buatan pabrik)? Sebagian menggunakan tepung kemasan, tapi masih banyak yang menggunakan tepung beras yang dijual di pasar bawah.



penjual tepung beras di pasar bawah.

Penjual tepung beras dan tepung beras ketan dapat ditemukan di salah satu di pasar bawah. Tepung diletakkan di atas nyiru (tampah) berbentuk bulat. Tepung dibeli dengan menggunakan ukuran gantang (alat berbentuk gelas terbuat dari stainless stell), dalam ukuran 1 liter.

Selain menjual tepung beras dan tepung ketan, di area itu terdapat penjual beras ; beras ketan, beras merah, beras hitam, ampiang berwarna putih, dan ampiang berwarna merah. Penjual tepung beras di pasar bawah buka dari pukul 8:00 WIB dan tutup pukul 17:00 WIB.

Ampiang terbuat dari beras ketan putih dan beras ketan hitam. Beras ketan dipipihkan dan dikeringkan, sehingga menjadi ampiang. Amping digunakan untuk masakan cindua langkok dan ampiang dadiah.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info Kuliner : Penjual Tepung Beras di Pasar Bawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>