Info Kuliner : Macam-Macam Cabe Giling di Pasar Bawah Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » kuliner » Info Kuliner : Macam-Macam Cabe Giling di Pasar Bawah Bukittinggi » Info Kuliner : Macam-Macam Cabe Giling di Pasar Bawah Bukittinggi

Info Kuliner : Macam-Macam Cabe Giling di Pasar Bawah Bukittinggi

(984 Views) Juli 26, 2017 12:41 pm | Published by | No comment



Dalam setiap masakan Minang cabe merupakan bahan masakan yang selalu ada, karena selalu digunakan dalam setiap masakan ; ayam balado, telur balado, dendeng balado, sambalado, rendang, gulai ikan, gulai tunjang, dan kalio. Cabe yang digunakan cabe giling.

Saya pernah membeli cabe 1 kg ke abang tukang sayur di Jakarta, ibu-ibu yang lain heran, mengira saya membeli untuk dijual. Cabe merah 1 kg diblender dimasukkan ke kulkas dan digunakan pada saat memasak. Teman saya khusus memesan cabe giling dari Bukittinggi, menurut ia, cabe di Bukittinggi lebih pedas, dibanding cabe di Jakarta.

Masakan Minang pada dasarnya tidak menggunakan cabe rawit dan cabe besar, hanya menggunakan cabe keriting. Jika pada beberapa masakan di restoran Padang menggunakan cabe rawit dan cabe besar, itu modifikasi masakan Minang, biasa digunakan di restoran Padang di Jakarta.

Cabe yang digunakan cabe merah dan cabe hijau. Halus dan kasar giling cabe tergantung kegunaan. Cabe yang digiling halus digunakan untuk gulai, sehingga tidak terlihat potongan cabe yang mengapung di atas gulai. Sedangkan, cabe yang digiling kasar digunakan untuk masakan sambalado dan balado misal, telur balado, ayam goreng balado, dan dendeng balado.



cabe giling hijau dan merah.

Untuk skala rumah tangga, cabe yang digiling halus menggunakan blender. Agar lebih halus, digiling lagi dengan tangan, menggunakan batu lado. Sedangkan cabe giling kasar, menggunakan batu lado.

Di pasar bawah Bukittinggi, saya menemukan macam-macam cabe giling ; cabe giling merah (dari cabe merah), cabe giling hijau (dari cabe hijau), cabe giling halus, dan kasar. Pembeli dapat membeli cabe yang digiling mesin atau cabe giling tangan.

Jika ingin memesan cabe giling tangan, pembeli dapat mendatangi lapak yang khusus menerima pesanan cabe giling tangan. Mereka akan membantu menggilingkan cabe yang dibawa pembeli, untuk digiling tangan menggunakan batu lado. Pembeli dapat meminta cabe digiling halus atau kasar, sesuai keinginan. Upah menggiling cabe sebesar Rp.10.000/kg.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Info Kuliner : Macam-Macam Cabe Giling di Pasar Bawah Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>