Gedung Parkir Mobil dan Motor di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Gedung Parkir Mobil dan Motor di Bukittinggi » Gedung Parkir Mobil dan Motor di Bukittinggi

Gedung Parkir Mobil dan Motor di Bukittinggi

(1178 Views) Juni 25, 2017 6:53 am | Published by | No comment



Gedung parkir mobil yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan dan Jl. Sudirman Bukittinggi (gedung mengarah ke dua jalan yang berbeda (depan-belakang)), sudah dapat digunakan, setelah beberapa tahun magrak. Gedung parkir ini diharapkan dapat mengatasi masalah parkir di Bukittinggi, antara lain : kurangnya lahan parkir dan parkir liar yang merugikan pengendara (tarif parkir terlalu mahal) dan pemerintah kota, karena retribusi tidak masuk ke pemerintah kota.

Gedung parkir itu dapat menampung 295 mobil (1 basemen dan 4 lantai : 51 unit di basemen, 50 unit di lantai satu, 44 unit di lantai dua, 50 unit di lantai tiga, dan 50 unit di lantai empat, bagian atas gedung menampung 50 unit mobil), sehingga diharapkan kendaraan yang parkir di sekitar jalan menuju jam gadang, pasar atas, dan panorama, (Jl. Sudirman, Jl. Panorama, Jl. Yos Sudarso, dan Jl. Istana) dapat menggunakan gedung parkir itu.




gedung parkir mobil dari Jl. Perintis kemerdekaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Gedung parkir motor berada di depan Mesjid Raya, bekas gedung bioskop Gloria. Gedung parkir ini khusus untuk kendaraan roda dua. Terdapat dua pintu masuk untuk memarkir kendaraan roda dua ke dalam gedung.

Apakah dengan adanya gedung parkir mobil dan parkir motor tidak ada lagi kendaraan yang parkir di badan jalan (on the street)? Saya masih menemukan mobil, parkir di depan Bank Nagari (Jl. Yos Sudarso). Kata sepupu, “Mereka lebih suka parkir di sini (sambil menunjuk mobil yang parkir di depan Bank Nagari, karena lebih dekat ke pasar atas, dibandingkan parkir di gedung parkir).

Padahal parkir di dalam gedung parkir lebih aman, tarif parkir jelas, dan retribusi masuk ke pemerintah kota, tapi, pengendara masih saja parkir di badan jalan (on the street). Dari status facebook yang saya ikuti tentang Bukittinggi, pemerintah kota sudah melakukan tindakan bagi kendaraan yang parkir di badan jalan, dengan cara mengembosi ban mobil atau motor. Tapi, razia ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, tidak setiap hari, karena pada hari biasa masih saja ada beberapa mobil yang parkir tidak pada tempatnya.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Gedung Parkir Mobil dan Motor di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>