Gebu Minang Gerakan Seribu Rupiah Minang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Gebu Minang Gerakan Seribu Rupiah Minang » Gebu Minang Gerakan Seribu Rupiah Minang

Gebu Minang Gerakan Seribu Rupiah Minang

(790 Views) April 30, 2016 2:41 pm | Published by | 2 Comments



Tahun 90-an, kakak dengan antusias membicarakan gebu Minang, Gerakan Seribu Rupiah Minang, setiap orang Minang diperantauan menyumbang seribu rupiah untuk membangun perekonomian di Sumatera Barat. Saat itu, Emil Salim (mantan Menteri Lingkungan Hidup), Azwar Anas (Mantan Gubernur Sumbar dan mantan Menteri masa Orde Baru), Awaludin Djamin (tokoh Polri), Bustanil Arifin, Harun Zain, Hasan Basri Durin dan beberapa tokoh Minang mendeklarasikan gerakan gebu Minang.

Ide gebu Minang berasal dari Soeharto, presiden Indonesia ke-2. Pada saat ia ke Aripan (Sumatera Barat) dalam acara Pekan Penghijauan Nasional di Aripan tahun 1983. Ada seorang petani yang meminta traktor pada Soeharto. Soeharto mengusulkan, jika orang Minang di perantauan mau menyumbang seribu rupiah saja, maka akan banyak traktor yang bisa diberikan kepada petani. Ide tersebut mendapat respon bagi perantau Minang yang telah berhasil di Jakarta. Setelah melalui proses yang panjang, tahun 1989 Gebu Minang resmi didirikan. Lembaga Gebu Minang berpusat di Jakarta dan mempunyai kantor perwakilan di beberapa kota di Indonesia antara lain ; Jawa Timur, Lampung, bahkan ada yang di Eropa.




Tujuan gebu Minang meningkatkan kemampuan pengusaha kecil, meningkatkan kualitas dan kemandirian masyarakat secara ekonomi dan budaya, sehingga terwujud nagari-nagari yang mandiri di Sumbar, dengan pemberdayaan ekonomi pedesaan. Banyak pengusaha kecil di setiap nagari yang bisa ditumbuh dan berkembang, jika dibantu permodalan dan tenaga bisnis profesional, seperti pembuatan rendang talua dan rendang runtiah dari Payakumbuh, songket dari Pandai Sikek, atau selendang suji dari Koto Gadang.

Saham BPR dijual kepada masyarakat dan PNS, nilai terkecil sebesar Rp.1.000 (sekarang saham terkecil bernilai Rp 25.000 dan Rp. 50.000). Dana yang terkumpul salurkan pada beberapa sektor antara lain ; Bank Perkreditan Rakyat (bidang pemodalan, diberikan modal bagi pengusaha kecil dan menengah). PT Gebu Niaga Nusantra (PT GNN) (dalam bidang Training House ; pusat pengkajian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan usaha penerbitan, promosi budaya dan Minang.net bidang portal internet.

Gebu Minang, kependekan dari Gerakan Seribu Rupiah Minang, kemudian diganti menjadi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang pada tanggal, 24 Desember 1989.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Gebu Minang Gerakan Seribu Rupiah Minang

  • Antonio Castro da Silva berkata:

    Beberapa tahun awal tahun 2000 warga Timor Timur yg prointegrasi/Indonesia, setelah hasil jajak pendapat 1999 Timor Timur, dinyatakan kalah, ada niat utk mengadopsi gerakan seribu rupiah (Rp.1) Minang, bagi warga setia NKRI tersebut utk memenuhi segala kebutuhan yg terkait dengan pemberdayaan ekonomi bagi warga tersebut. Namun kini, setelah hampir 20 tahun, keinginan tersebut timbul kembali untuk dijalankan.
    Dengan ini kami mohon info dan dukungan teman-teman dari Gerakan Seribu Rupiah Minang agar kiranya keinginan kami tersebut bisa terwujud.
    Demikian, salam hormat dan persaudaraan
    Dari Castro, Antonio
    No. HP 081282935000

    • safitri ahmad berkata:

      Terima kasih sudah mampir bapak Antonio castro. Senang sekali bapak tertarik dengan Gebu Minang. Gebu Minang terdapat di setiap kota di Indonesia. Orang Minang yang berada di kota tersebut berkumpul dan membangun gebu minang, untuk membangun ekonomi orang Minang di kota tersebut. Untuk teknis pelaksanaan dan konsepnya bapak dapat menghubungi sekretariat Gebu Minang di kota terdekat atau Sekretariat Gebu Minang. Jl. Kayumanis I Baru No.24 Jakarta Timur. Telp dan Faks : 021.85903567. Email : admin@gebuminangpusat.org. Semoga teman-teman dari Timor-Timor berhasil mewujudkan gerakan ekonomi ini ya pak Castro. Salam hormat dan persaudaraan dari dari saya, fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>