Foto di Taruko, Ngarai Sianok : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » FOTO » Foto di Taruko » Foto di Taruko, Ngarai Sianok

Foto di Taruko, Ngarai Sianok

(1065 Views) Juni 13, 2016 12:36 am | Published by | No comment



Taruko terletak pada salah satu area di ngarai sianok yang dilengkapi dengan restoran dan gardu pandang. Taruko tidak dikelola oleh pemerintah daerah Bukittinggi. Pengunjung tidak dipungut bayaran untuk memasuki kawasan ini. Pada hari Minggu, Lebaran, dan hari Libur, Taruko sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar kota.

Kawasan ini sangat luas dan terhubung dengan ngarai sianok. Ada beberapa bangunan dan ornamen yang menghiasi area ini.

Salah satu sudut taruko, bangunan dengan atap bagonjong.Salah satu bangunan di Taruko. Di bagian belakang terdapat bangunan tiga lantai yang digunakan untuk restoran. Di bagian atas restoran terdapat mushola.

suasana di dalam tapak Taruko, ada gazebo dengan atap gonjong.




Pemandangan ngarai di sekitar taruko.

salah satu sudut di taruko.

Taruko, di ngarai sianok.

restoran di taruko.

sungai di belakang Taruko.

Taruko dengan latar belakang bukit dan ngarai.Gazebo dengan atap khas Minang. Jalur jalan menggunakan batu alam (batu templek). Di belakang gazebo terdapat bukit ngarai.

 

 

 

 

 

 

 

Ngarai terdiri dari lembah, bukit, dan hamparan. Di kawasan taruko, kontur tanah landai dan terdapat hamparan yang luas. Lokasi ini dapat digunakan untuk kegiatan ruang luar.

 

 

 

 

 

 

Ada kolam alami dangkal di salah satu sudut Taruko. Pengelola menambahkan perahu dari kayu sebagai hiasan di depan kolam.

 

 

 

 

 

Atap bangunan berbentuk anjuang (atap khas Minang) dengan mengunakan material ijuk. Pohon dan tanaman ditata agar tidak terlalu rimbun dan mudah dalam perawatan dan pemeliharaan.

 

 

 

 

 

Bangunan restoran, salah satu bangunan utama dan paling besar di kawasan Taruko. Bangunan ini mengunakan material kayu. Atap menggunakan ijuk. Pada atap lantai dua tumbuh tanaman pakis, sangat alami. Dari restoran pengunjung dapat menikmati keindahan ngarai.  Taruko buka setiap hari. Fasilitas wisata seperti parkir, mushola, dan toilet tersedia.

 

 

 

Sungai Ngarai yang terletak di belakang Taruko dapat digunakan untuk bermain air. Ketinggian air tergantung musim, jika musim hujan, air cukup tinggi dan deras. Sedangkan pada musim kering, ketinggian air 20-30 cm.

 

 

 

Restoran dengan latar belakang gardu pandang dan bukit. Jika kondisi cuaca baik (cerah dan tidak berawan), jarak pandang lebih jauh, sedangkan pada musim hujan dan berkabut, jarak pandang di sekitar Taruko pendek, sehingga wisatawan tidak dapat menikmati keindahan ngarai secara sempurna.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Foto di Taruko, Ngarai Sianok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>