Empat Macam Makan Bajamba : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Budaya sejarah » budaya » Empat Macam Makan Bajamba » Empat Macam Makan Bajamba

Empat Macam Makan Bajamba

(114 Views) Mei 17, 2019 9:41 am | Published by | No comment



Makan bajamba sudah ada sejak dulu, sebelum Islam Masuk ke Sumatera Barat. Makan bajamba sering diartikan makan bersama dalam satu piring besar. Piring besar, lebar, dan tipis berbentuk bulat yang disebut bajamba. Di dalam piring itu, di bagian tengah diletakkan nasi dan lauk pauk, berupa daging dan ayam.

Makan bajamba hanya dilakukan pada acara-acara tertentu antara lain ; acara agama, adat, dan perkawinan.

Acara perkawinan ; misal makan bajamba di rumah anak daro, pihak bako dan tamu dijamu secara bajamba. Dalam satu piring besar terdapat 4-5 orang yang duduk bersimpuh mengelilingi piring berbentuk lingkaran itu. ada satu orang dari pihak tuan rumah yang akan menambah nasi dan lauk pauk.



Makan bajamba hanya diperuntukan bagi wanita dan pria dewasa. Mereka makan sambil bercerita tentang banyak hal. Bagi wanita, makan bajamba menjadi ajang pamer perhiasan gelang, cincin, dan kalung emas.

Acara adat biasa dilaksanakan di rumah gadang (rumah bagonjong), misal batagak panghulu (pengangkatan pemimpin kaum yang baru). Dalam acara ini banyak orang hadir, mereka terdiri dari warga kaum dan tamu undangan. Sebelum makan bajamba dimulai, dilakukan petatah petitih antara pihak tuan rumah dan tamu. Tempat duduk laki-laki dan wanita terpisah.

Acara agama dilaksanakan pada saat Maulid Nabi di mesjid atau surau kampung, yang diikuti oleh warga kampung.

Acara pemerintah kota pada ulang tahun kota atau acara tertentu.
Kota Bukittinggi atau sekelompok warga mengadakan makan bajamba di ruang terbuka. Pemerintah Kota Bukittinggi mengadakan acara makan bajamba di pelataran Jam Gadang, sedangkan warga mengadakan acara bajamba di jalan, dengan menutup akses jalan bagi pengendara.

Acara bajamba saat ini menjadi tren, dilakukan pada saat reuni sekolah, pertemuan keluarga, silahturahmi antara warga satu kampung di rantau, misal acara silatuhrami Nagari Balingka. Sesekali mereka mengadakan makan bajamba, setiap orang membawa lauk pauk untuk dimakan bersama, ada yang membawa gulai tahu, rendang, ayam dan sayur. Jenis lauk pauk yang disediakan untuk makan bajamba tidak hanya ayam dan daging.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Empat Macam Makan Bajamba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>