Cari Toilet Umum di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » fasilitas wisata » Cari Toilet Umum » Cari Toilet Umum di Bukittinggi

Cari Toilet Umum di Bukittinggi

(1069 Views) Desember 2, 2014 12:22 pm | Published by | No comment



Bukittinggi mempunyai masalah yang perlu mendapat perhatian, yaitu toilet umum. Benar, kapasitas toilet umum yang ada di Bukittinggi, tidak sesuai dengan jumlah pendatang yang banyak, pada hari Sabtu Minggu, Lebaran, Natal, Tahun Baru, Liburan. Sebagian menggunakan toilet mesjid, dan dampaknya, toilet mesjid dikunci, hanya buka pada waktu salat.

Toilet umum di tempat wisata, seperti, panorama dan kebun binatang. selalu buka, tidak pernah ditutup, hanya perlu membayar sebesar Rp 2000 untuk menggunakannya. Toiletnya bersih. Sepupu saya menggunakannya dan memberikan testimoni tentang toilet di panorama. Dia pergi ke toilet pukul 7 : 00 WIB.

Di jam gadang area, Ada toilet umum. Saya tidak tahu, toilet itu bersih atau tidak, tapi saya selalu menghindar melewati area toilet.

Ada toilet umum yang dibangun pemerintahan Hindia Belanda. Lokasi toilet ini, pergi ke arah toko Rima, di sebelahnya ada tangga. Toilet ada di sebelah kanan. Saya belum pernah masuk ke dalamnya. Pemerintah Hindia Belanda sudah mengantisipasi kebutuhan toilet umum di pasar area, dan di jam gadang area, karena area itu akan selalu ramai.

Toilet umum di janjang gudang.

toilet umum yang ada di pasar atas area, terletak di lantai 1, lurus, ikuti deretan toko, di sudut bangunan, terdapat toilet umum. Satu lagi, di Pasar Atas area bagian belakang, dekat rumah makan.

Pemerintah kota, menyediakan toilet umum portable, di samping kiri jam gadang area, di depan taman Bung Hatta. Ada beberapa toilet umum portable di sana. Di taman kantor Dinas Pertamanan, Jl, Yos Sudarso, disedikan satu toilet umum portable, karena pada hari libur, taman kantor dijadikan tempat parkir.

Di Bukittinggi Plaza (Mall di Bukittinggi ada 2 : Bukittinggi Plaza dan Banto Trade Center (BTC)), saya belum pernah mengunjungi toiletnya, pasti ada, tapi apakah selalu dibuka? Saya tidak tahu.

Bukittinggi, berhawa dingin dan toilet merupakan kebutuhan. Saya yakin sebagian pendatang yang menginap di hotel, memutuskan menggunaka toilet hotel, sebelum melanjutkan wisata, dari pada mencari dan menggunakan toilet umum. Informasi dan petunjuk arah ke toilet umum juga kurang, (toilet di luar tempat wisata). Pendatang tidak mengetahui bahwa di samping jam gadang area terdapat toilet portable.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Cari Toilet Umum di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>