Cari Mesjid di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » fasilitas wisata » Cari mesjid » Cari Mesjid di Bukittinggi

Cari Mesjid di Bukittinggi

(1606 Views) Januari 6, 2015 12:59 pm | Published by | No comment



Setiap waktu salat, akan terdengar suara azan dari surau, mesjid, dan mushala. Suara azan terdengar keras dari pengeras suara. Tidak hanya 5 kali sehari, tapi pada waktu-waktu tertentu, terdengar suara bacaan Al Quran, atau suara ustad yang sedang berceramah. Itu semua menggunakan pengeras suara.

Dari berita online antar sumbar, terdapat salah satu artikel : Pemerintah Lota Bukittinggi Mengunjungi 44 Mesjid Pada Ramadhan 1435 hijriah. Selain mesjid terdapat mushala yang berada di lingkungan perumahan dan pasar.

Mesjid Jamiak Taluak
Mesjid berarsitektur Minangkabau, dan Minaret, karena pengaruh Arah. Rancangan mesjid ini unik. Mesjid ini terletak di Nagari Taluak IV Suku, Kecamtan Banuhampu, Kabupaten Agam, sebelum masuk kota Bukittinggi. Mesjid ini berdiri tahun 1980. Tahun 2007, dilakukan renovasi karena kondisi mesjid rusak oleh gempa.




Surau Baitul Jalil.
Saat saya ke pasar bawah melewati janjang ampek puluah, saya mendengar suara ustad sedang ceramah, keras dan jelas. Saya ikuti suara itu, berasal dari Surau Baitul Jalil. Di dalam surau sudah penuh dengan ibu-ibu yang duduk di lantai, ustad duduk di kursi berceramah dengan menggunakan Bahasa Indonesia, sekali-kali menggunakan Bahasa Minang. Ini surau baru, tahun 2004 didirikan dengan kapasitas 250 jamaah. Disainnya menarik, buatan tangan arsitek. Siapa? Timmy Setiawan. Surau ini menerima penghargaan dari Ikatan Arsitek Indonesia untuk kategori Bangunan Umum Publik tahun 2011

Mesjid Jami Birugo
Mesjid ini terletak di kawasan Birugo, di Jl Sudirman kota Bukittinggi, saat masuk kota di sebelah kanan. Ada kolam di halaman mesjid.

Mesjid Raya
Setiap waktu salat, mesjid ini penuh oleh penjual dan pembeli untuk melaksanakan salat 5 waktu. Mesjid terletak di pasar atas, di ujung Jl, Minangkabau, di depan bioskop Gloria. Tiap hari Jumat, penjual laki-laki salat Jumat, kalau ada wanita, maka toko tetap buka, jika tidak, toko ditutup. Rumah makan tutup saat salat Jumat karena pegawai pergi salat.

mesjid Raya Bukittinggi

Mesjid Agung
Di daerah perumahan dan pasar bawah, terdapat mesjid yang cukup besar, mesjid Agung.

Mesjid yang lain :

Masjid Baitul Jalal

mesjid baitul jalal Bukittinggi

Mesjid Nurul Haq, Jl Teuku Umar

mesjid nurul haq, Bukittinggi.

Mesjid Al Hanif Kodim Agam (di lapangan kantin)
Mesjid al Mubarak (dekat stasiun)
Mesjid jami’ Bantolaweh
Mesjid Yarsi, daerah Belakang Balok
Mesjid Nurul Yaqin Bukit Canggang
Mesjid Al Ikhwan (dekat pical sikai)
Mesjid al falah, Jambu aie
Mesjid Darus Iklas, Jalan Pemuda (setelah Pasar Sapi Lama)
Masjid Maghfirah, Jl Tangah Jua 1, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang
Masjid Nurul Ikhlas, Jl Pasar Sayur, Aur Kuning, Aur Birugo Tigobaleh



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Cari Mesjid di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>