Cagar Budaya (Heritage) di Kota Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » arsitektur » arsitektur publik » Cagar Budaya (Heritage) di Kota Bukittinggi » Cagar Budaya (Heritage) di Kota Bukittinggi

Cagar Budaya (Heritage) di Kota Bukittinggi

(1057 Views) Juni 4, 2017 7:08 am | Published by | 2 Comments



Ketika melewati masjid Taluak, saya menemukan bangunan berupa candi kecil dan di sebelah candi terdapat papan cagar budaya. Saya kira candi tersebut masuk ke dalam cagar budaya Kota Bukittinggi, setelah mencari di google, ternyata masuk ke dalam situs cagar budaya Kabupaten Agam, karena terletak di Kecamatan Banuhampu.

Ini membuat saya tertarik, apa saja situs yang masuk cagar budaya di Kota Bukittinggi. Menurut web resmi pemerintah kota Bukittinggi, sampai tahun 2010, Benda Cagar Budaya yang telah didata oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya wilayah kerja Sumbar,  sebanyak 44 bangunan.

Sebanyak 24 bangunan telah ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebagian bangunan Cagar Budaya sebagai Cagar Budaya melalui Peraturan Menbudpar Nomor : PM.05/PW.007/MKP/2010 tanggal 8 januari 2010.
1.Gedung Sekolah Rajo (SMAN 2) (di Jl. Sudirman di depan Rumah Sakit Stroke.)
2.Gedung Kantor Dinas Pendidikan (di sebelah SMA 2).
3.kompleks kantor polres Agam, (di depan SMA 2)
4.Kompleks kantor kodim Agam,
5.Tugu manggopoh,
6.Gedung SMP 1 (di Jl. Sudirman dekat gereja Katholik).
7.Gereja Katholik,
8.Gereja Protestan,
9.Rumah Bekas Kepala stasiun kereta Api Bukittinggi,
10.Villa Oepang-Oepang,
11.Hotel Centrum (Pos dan Giro),




12.Istana Bung Hatta (di belakang Jam gadang)
13.Jam gadang,
14.Rumah Kelahiran Bung Hatta, (di Jl. Soekarno Hatta)
15.Wisma Anggrek,
16.Villa Merdeka, (di depan RSAM, di perempatan jalan menuju benteng sebelah kiri).
17.makam tuanku Syech Imam Jirek,
18.Benteng Fort de Kock,
19.Eks BNI 46, (Jl. A. Yani).
20.Cerobong asap no 101 b,
21.Rumah Gadang Engku palo,
22.Rumah tinggal di jalan DR A  RIVAI No 38, (di Jl. DR. A. RIvai, tidak sengaja pada saat perjalanan pulang dari Padang ke Bukittinggi, saya sebangku dengan ahli waris rumah tinggal ini, seorang ibu berusia 70 tahun. Ia bercerita banyak hal, dan pada saat turun di depan rumahnya, saya membaca nama pemilik rumah. Saya menyakini rumah tersebut merupakan salah satu cagar budaya).
23.pasar Los Saudagar,
24.Lembaga Pemasyarakatan Bukittinggi. (di Jl. Perintis kemerdekaan).
cagar budaya jam gadang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari ke-24 cagar budaya tersebut, sebagian besar terletak di Jl. Sudirman, di area jam gadang dan pasar atas (pusat kota Bukittinggi), Jl. A Yani (kampung cina), Benteng ford de kock, dan di sekitar Rumah Sakit Ahmad Muchtar.

Pembentukan Kota Bukittinggi yang dilaksanakan pada masa Belanda, memusat di sepanjang Jl. Sudirman, jam gadang, kampung Cina dan Benteng.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

2 Komentar for Cagar Budaya (Heritage) di Kota Bukittinggi

  • Adil syaputra berkata:

    perkenalkan saya adil syaputra mahasiswa arsitektur bung Hatta Padang. terimakasih ibu sudah berbagi tentag cagar budaya yang ada di bukittinggi, saya sangat suka dengan sejarah dan arsiteturnya termasuk tradisional. saya juga anggota dari komunitas “Padang Heritage” yang membahas tentang bangunan tua di kota padang.

    • safitri ahmad berkata:

      salam kenal Adil syaputra, terima kasih sudah mampir, senang sekali kita punya minat yang sama tentang arsitektur Minang, Jika suka silakan tulis tentang arsitektur di Padang, nanti saya muat di web ini. Saya memang ingin semua info tentang Minang dapat ditampilkan di web ini, walau nama web Jamgadang04.com, tidak berarti isi web tentang Bukittinggi saja. Saya dapat dikontak melalui email : safitriahmadzen@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>