Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin » Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin

Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin

(34 Views) Juni 14, 2019 8:36 am | Published by | No comment

Ada dua tempat di Bukittinggi yang dapat menampung kegiatan dengan jumlah massa ribuan yaitu ; Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin.

Bukik ambacang terletak di pinggir kota Bukittinggi. Angkutan umum yang melalui area ini tidak banyak, tapi jalur jalan ke kawasan ini bagus dan Arus jalan tidak tinggi, kecuali jika ada acara. Kawasan bukik ambacang merupakan tempat pacuan kuda dan pacuan motor cross. Bukit ambacang sudah ada sejak zaman Belanda dan sejak dulu menjadi tempat pacuan kuda tradisional. Peserta pacuan kuda datang dari seluruh nagari di Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menara pandang yang terletak di bagian tengah masih ada dan masih dimanfaatkan sampai saat ini. Begitu juga podium yang terletak di pinggir area.



Lapangan kantin terletak di dalam kota Bukittinggi, di Jalan Sudirman. Mudah diakses dengan kendaraan pribadi dan pejalan kaki. Karena terletak di jalan utama, maka banyak kendaraan umum yang melalui kawasan ini.

Lapangan ini merupakan bagian dari komplek tentara di kawasan ini, selain rumah sakit, perumahan tentara, dan gudang. Lapangan kantin disebut juga lapangan Wirabraja. Belanda yang merancang kawasan ini. Lapangan digunakan untuk tempat upacara dan olah raga (ada lapangan basket, sepakbola, dan volley).

Akan tetapi, pemerintah kota dan warga dapat menggunakan lapangan kantin untuk berbagai kegiatan. Banyak kegiatan yang dilakukan di lapangan ini, misal konser music, Salat Idul Fitri dan Salat Idul Adha, Bazar, Upacara bendera setiap 17 Agustus, dan berbagai pertunjukan dari luar kota. Lapangan ini juga dapat digunakan untuk kampanye politik.




Untuk acara ceramah Abdul Somad yang dilaksanakan di Bukittinggi, direncanakan akan dilaksanakan di lapangan kantin. Pada hari terakhir, panitia memindahkan acara dari lapangan kantin ke bukik ambacang, salah satu alasan untuk mengantisipasi jamaah yang membludak mendengarkan ceramah dai kondang ini. Ini merupakan keputusan yang tepat, jika ceramah ustad Abdul Somad dilaksanakan di lapangan kantin, yang terletak di tengah kota, akan menganggu kegiatan rutin kota, misal menyebabkan kemacetan dan pengalihan arus jalan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bukik Ambacang dan Lapangan Kantin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>