Bubua Samba dan Lontong Sayur : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » Bubua Samba dan Lontong Sayur » Bubua Samba dan Lontong Sayur

Bubua Samba dan Lontong Sayur

(2256 Views) Januari 13, 2017 10:17 am | Published by | No comment



Dalam tulisan di web ini saya selalu menjelaskan bubua samba dan lontong sayur, dua hal yang sama. Selalu ditulis Bubua samba (lontong sayur), agar pembaca (yang bukan orang Minang dan tidak mengetahui perbedaan antara bubua samba dan lontong sayur mudah menggambarkan makanan tersebut). Selain itu, bubua samba diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, berbeda makna dengan gambaran lontong sayur. Bubua sama dengan bubur. Samba artinya lauk. Bubua samba dalam Bahasa Indonesia bubur lauk.

Bubua samba terbuat dari nasi, ditambah air (perbandingan 1 (nasi) : 4 (air)) yang dimasak secara perlahan-lahan dan diaduk secara terus menerus sampai halus seperti bubur. Agar keras diberi sedikit sadah. Pemberian sadah dilakukan secara hati-hati, secukupnya, jika terlalu banyak, bubur agak keras dan terasa pahit. Setelah matang, bubur nasi tersebut diletakkan di dalam wadah tahan panas dan dibiarkan hingga dingin dan keras, pada suhu ruangan. Di bagian atas ditutup dengan kain bersih (setelah uap panas hilang).

Pada saat dihidangkan, potong-potong bubua samba. Ada yang memotong bubua samba dalam bentuk dadu-kubus (ukuran 2 cm x 2 cm x 2 cm) ada yang berbentuk balok (ukuran 1 Cm x 5 cm x 4m), atau potongan tergantung dari wadah bubua samba. Bubua samba bagian atas lebih keras dibanding bagian bawah. Ada bubua samba yang berwarna putih, tapi ada yang sedikit coklat, tergantung (beras dan sadah). Rasa bubua samba lembut, halus, dan mudah dikunyah, seperti bubur ayam tapi keras.




Bubua samba H. Zen pasar atas.

Setelah dipotong-potong disiram dengan gulai sayur. Gulai sayur untuk bubua samba, sayur buncis dan kentang, kadang ditambah sayur nangka. Sayur buncis dipotong miring dan kentang dipotong dadu. Pelengkap bubua samba ditambah kerupuk merah (khas Bukittinggi, warna merah lebih muda dibanding kerupuk merah biasa, dan lebih tipis) dan keripik singkong balado. Di Bukittnggi, banyak yang menjual bubua samba sedangkan di Jakarta, saya temukan satu di daerah Karet. Lontong sayur Padang menggunakan ketupat, tidak bubua samba, hanya gulai sayur dan kerupuk merah yang mengidentifikasikan bahwa itu, lontong sayur Padang.

Ini yang membedakan antara bubua samba dan lontong sayur, penggunaan bubua samba dan ketupat.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bubua Samba dan Lontong Sayur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>