Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » nasi kapau nasi padang » Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang

(3041 Views) Desember 3, 2014 12:29 pm | Published by | No comment



Jika berlibur ke Bukittinggi, Anda disarankan mencoba makan nasi kapau. Apa yang disebut nasi kapau? Apa bedanya dengan nasi Padang? Penjual berasal dari Kapau, sebuah desa dekat Bukittinggi. Lauk pauk yang dijual khas, berbeda dengan lauk pauk di restoran Padang, tidak semua, beberapa saja. Ini menu nasi kapau.

gulai kapau dan gulai tambunsu

Dendeng balado, dendeng kering yang digoreng, atau dendeng yang dibuat khusus, diiris tipis, direbus, dipukul, digoreng. Balado menggunakan cabe yang ditumpuk kasar ditambah rimbang (leunca, bahasa Sunda)

Usus , jenis makanan ini tidak ada di restoran Padang. Usus sapi dibersihkan dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Usus diisi dengan campuran telur, tahu, bawang merah dan bumbu lainnya, masukkan ke dalam usus, secara perlahan, setelah selesai ikat bagian ujungnya. Jangan sampai usus robek, kalau robek gagal, semua isi akan keluar pada saat direbus. Setelah direbus, gulai, diletakkan di dalam wadah, usus yang meliuk-liuk gemuk itu dipajang, di depan pembeli, dipotong ketika ada yang memesan. Ibu saya bisa memasak usus, jadi saya tahu cara membuat.



Di restoran Padang, tidak ada gulai ikan mas dan ikan mas goreng serta belut kering balado. Belut kering, digoreng, diberi cabe hijau, enak, renyah.

Semua rumah makan dan restoran Padang, pasti menyediakan rendang, menu wajib. Tapi di “nasi kapau” rendang ditambah keripik sanjai bentuk dadu. Ada rendang daging ada rendang ayam. Rendang bisa dicampur telor (telur rebus dicampur ke rendang), kacang merah, dan kentang.

Sayur gulai, antara lain; rebung, kol, kacang panjang, nangka, lobak singgalang (kol berwarna hijau), jengkol. Gulai sayur diberi gratis, langsung ditaruh ke dalam piring makan, satu potong nangka, satu jengkol, semua satu. Boleh minta tambah, gratis. Menu ini tidak ada di restoran Padang.
Di restoran Padang dan di nasi Kapau tersedia menu, asam padeh ikan (Ikan tongkol), ayam goreng, Gulai ayam, Telur balado, sambal lado merah, Gulai tunjang, dan sambal cabe hijau.

Semua jenis lauk pauk itu dimakan dengan nasi panas, air cuci tangan hangat. Walau udara di Bukittinggi dingin, tapi nasi harus dijaga selalu hangat, karena lauk pauk itu diletakkan di dalam wadah tanpa pemanas. Lauk pauk ditata bertingkat-tingkat. Lauk dekat penjual diambil dengan menggunakan sendok sedangkan lauk yang terletak di bagian bawah menggunakan penyendok panjang dari ganggang kayu dan batok kelapa di bagian ujung.

Artikel Terkait:

1. Los Lambuang Tempat Nasi Kapau Katupek Kapau Cindua Langkok dan ampiang Dadiah
2. Nagari Kapau Nagari Koto Gadang Nagari Balingka dan Makanan
3.Rumah Makan Samba Sebeng Nasi Kapau Ni Mes di Los Lambuang
4. Info Kuliner Sanduak Sendok dari Batok Kelapa



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Beda Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>