Beda Istano Si Linduang Bulan dan Istano Basa Pagaruyung : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » arsitektur » rumah gadang » Beda Istano Si Linduang Bulan dan Istano Basa Pagaruyung » Beda Istano Si Linduang Bulan dan Istano Basa Pagaruyung

Beda Istano Si Linduang Bulan dan Istano Basa Pagaruyung

(1378 Views) April 1, 2017 1:59 pm | Published by | No comment



Ada dua istana di Pagaruyung, Batu sangkar, kedua istana merupakan objek wisata ; Istano Si Linduang Bulan dan Istana Basa.

Tapak/lahan Istano Basa Pagaruyung lebih luas dibanding Istano Si Linduang Bulan. Istana basa terdiri dari 3 lantai dan membutuhkan 72 tiang untuk menopang bangunan. Istano basa berukuran lebih kecil, membutuhkan 52 tiang penopang bangunan.




Letak
Istana Si Linduang Bulan terletak di Balai Janggo, Pagaruyung, sedangkan Istana Basa di Padang Siminyak, Pagaruyung (kedua istana berjarak satu kilometer ).

Tahun berdiri
Istana Si Linduang Bulan diresmikan tanggal 21 dan 23 Desember 1989, setelah sebelumnya terbakar pada tanggal 3 Agustus 1961.

Istano Basa dibangun tahun 1976 oleh pemerintah daerah, Sumatera Barat, di atas tanah milik keluarga ahli Waris Raja Pagaruyung. Tahun 2007,Istano Basa terbakar dan dibangun kembali antara tahun 2008-2012.Tahun 2013, Istano Basa diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Biaya pembangunan
Pembangunan Istano Si Linduang Bulan dibiayai oleh keluarga ahli waris, anak cucu keturunan, zuriat dari Daulat Yang Dipertuan Raja Pagaruyung, dan masyarakat adat.

Pembangunan kembali Istano Basa dilakukan oleh pemerintah Sumatera Barat dengan dana lebih dari Rp. 20 Miliar.

istana pagaruyuangistana si linduang bulan Batusangkar.

Jumlah ukiran di dinding istana
Istano Si Linduang Bulan mempunyai 200 motif ukiran di sekeliling bangunan istana. Sedangkan ukiran yang terdapat di dinding Istano Basa sebanyak 58 motif.

Hampir semua motif ukiran Minangkabau terdapat di Istano Si Linduang Bulan. Ukiran itu mendominasi bentuk luar bangunan yang kaya dengan simbol-simbol, sebagai tanda bahwa Istano Si Linduang Bulan adalah rumah gadang raja atau rumah pemimpin rakyat (Pusat Adat).

Jumlah tiang
Istano Si Linduang Bulan mempunyai 52 tiang untuk menopang bangunan, sedangkan Istano Basa sebanyak 72 tiang, karena istana basa terdiri dari tiga lantai.

Jumlah gonjong
Istano Si Linduang Bulan terdiri dari tujuh buah gonjong, sedangkan Istana Basa mempunyai 11 gonjong,

Jumlah bilik (kamar)
Istano Si Linduang Bulan mempunyai empat buah bilik. Istana basa mempunyai 9 bilik di lantai 2 (7 bilik di antaranya digunakan untuk putri yang sudah menikah) dan di lantai 3 digunakan untuk putri yang belum menikah.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Beda Istano Si Linduang Bulan dan Istano Basa Pagaruyung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>