Bangunan di Sebelah Jam Gadang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Bangunan di Sebelah Jam Gadang » Bangunan di Sebelah Jam Gadang

Bangunan di Sebelah Jam Gadang

(6 Views) Agustus 6, 2019 7:40 am | Published by | No comment

Saya masih ingat bangunan kecil di sebelah jam gadang. Bangunan itu berfungsi sebagai pos polisi dan tempat informasi wisata Bukittinggi. Bangunan itu tidak besar, kira-kira 4 x10 m2, dengan atap baganjong. Kadang-kadang ada polisi yang bertugas di dekat bangunan itu, mengatur lalu lintas atau menjaga area di sekitar jam gadang. Saat ini, tidak ada pos polisi di sekitar jam gadang. Tetapi, pada hari libur polisi mendirikan tenda-tenda sementara di sekitar jam gadang, mengawasi massa yang sedang liburan dan berkumpul di jam gadang.



Tahun 90-an bangunan itu dipugar, dan diganti dengan hamparan rumput, sehingga taman jam gadang terasa lebih luas. Tidak ada pagar yang mengelilingi jam gadang.

Dari beberapa foto lama, ternyata ada bangunan lain di sebelah jam gadang (di lokasi yang sama dengan bangunan atap bagonjong yang menjadi pusat informasi wisata). Dari bentuk atap jam gadang, diperkirakan foto diambil pada masa Jepang, karena atap jam gadang berbentuk tabung dan bagian atas berbentuk dome.

Akan tetapi, bangunan di sebelahnya seperti bangunan masa kolonial, bangunan peninggalan Belanda dapat diidentifikasi dari bentuk. Kecil kemungkinan Jepang membangun di Bukittinggi, karena masa penjajahan yang singkat (kurang dari 3 tahun) . Jepang hanya mengganti atap jam gadang, karena jam gadang merupakan icon kota, Jepang ingin menunjukkan kekuasaanya dengan mengganti atap jam gadang.




Atap jam gadang mengalami tiga kali pergantian atap, pada masa Belanda, masa Jepang, dan Masa Kemerdekaan berupa atap bagonjong pada ke-empat sisinya. Bentuk atap mencermin masa pihak yang berkuasa di Bukittinggi.

Pada foto yang lain saya memperkirakan foto diambil pada masa Kemerdekaan. Atap jam gadang, berbentuk piramid. Akan tetapi foto diambil dari sebelah kiri jam gadang, tidak dari sisi kanan, sehingga tidak terlihat bangunan yang ada di kanan jam gadang. Di sebelah kiri terdapat gerbang dengan tulisan Merdeka.

Tahun 80-an, gerbang yang bertulis Merdeka itu sudah tidak ada, gerbang itu mengarah ke bangunan Tri Arga yang terletak di belakannya.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bangunan di Sebelah Jam Gadang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>