Bagian Belakang Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Bayang : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » Sulaman » bayang » Bagian Belakang Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Bayang » Bagian Belakang Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Bayang

Bagian Belakang Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Bayang

(2840 Views) Februari 11, 2017 2:29 am | Published by | No comment



Selama ini, motif sulaman yang terlihat hanya motif bagian depan, bagaimana motif sulaman bagian belakang? Pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan motif bagian belakang antara sulaman kapalo samek dan sulaman bayang, karena motif depan dan belakang dari kedua sulaman ini sangat berbeda.

Sulaman suji, bagian depan dan bagian belakang tidak terlalu berbeda, karena cara menyulam yang menyebabkan bagian depan dan belakang hampir sama.

Pada sulaman kapalo samek, bagian depan berbentuk titik-titik, kapalo samek berarti kepala peniti.Cara pembuatan sulaman kapalo samek adalah dengan mengulung benang pada jarum sulam, kemudian dijahitkan ke kain. Hasil gulungan berupa titik gumpalan benang terletak di bagian depan. Pada sulaman kapalo samek, penyulam memulai sulaman dari depan (atas).

Bagaimana sulaman bagian belakang kapalo samek? Di bagian belakang kain, benang berbentuk garis-garis kecil. Jika terdapat garis benang yang panjang antara bunga yang satu dengan yang lain (di bagian belakang kain), karena kesamaan warna benang, pada bunga yang berbeda.




Bagian belakang sulaman bayang dan bagian depan, sama-sama rapi. Di bagian belakang, sulaman berbentuk silang, dengan cara ini, motif di bagian depan garis-garis membentuk pola siluet bunga dan daun.

sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga-besar, sisi bagian depan. sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga-sisi bagian belakang. Sulaman bayang bagian depan untuk jilbab.

 

Sulaman kapalo samek baju kebaya kelompok bunga besar (sisi bagian depan). Penyulam memulai menyulam dari depan (atas) bagian yang bagus, lalu menusukkan jarum ke bagian belakang dan menarik jarum ke bagian depan. Mulai dari awal, menggulung benang pada jarum dan menyulamnya ke kain.

 

 

 

Sulaman kapalo samek sisi belakang. Pada setiap bunga terlihat garis-garis pendek, sedangkan garis panjang, menunjukkan benang yang sama pada bunga yang letakknya berjauhan, misal sari bunga berwarna merah yang terdapat pada 4 bunga. Jika benang diputus, benang sulaman jadi berantakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sulaman bayang bagian depan untuk jilbab. Pada bagian pinggir terdapat garis-garis kecil, siluet bunga atau daun.

 

 

 

Sulaman bayang bagian belakang untuk jilbab.Sulaman bayang bagian belakang untuk jilbab.

 

 

Sulaman bayang bagian belakang untuk jilbab. Sulaman di bagian belakang sulam bayang sangat rapi dan rapat, agar bayangan benang tergambar di bagian depan.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Bagian Belakang Sulaman Kapalo Samek dan Sulaman Bayang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>